EO Community : Komunitas Event Organizer Indonesia | Meet, Share & Discuss |


Post Reply 
 
Thread Rating:
  • 0 Votes - 0 Average
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
 
UKM Kuliner, Usaha yang Menjanjikan
 
Share to: Facebook Twitter StumbleUpon Send
 to Google Buzz Send to LinkedIn
Author Message
Pradukun Offline
Tukang Mojok
*

Posts: 10,353
Joined: Feb 2011
Reputation: 3660
  




 
Post: #1
UKM Kuliner, Usaha yang Menjanjikan
JAKARTA - Usaha kecil dan menengah (UKM) seperti diketahui menjadi salah satu penopang hidup masyarakat kelas menengah dan bawah.

Tak heran bila banyak dari para pengusaha UKM banyak yang menyasar menjadi pengusaha kuliner. Selain karena hobi, kuliner menjadi suatu usaha yang menjanjikan. Sehingga, di bidang ini bisa memberikan kontribusi ke perekonomian Indonesia.

Hal tersebut disampaikan Direktur Jenderal Kerjasama ASEAN Kementerian Luar Negeri RI, Djauhari Oratmangun kepada okezone saat ditemui di acara ASEAN Plus Culinary Festival 2011, di La Piazza, Kelapa Gading, Jakarta Utara, Jumat (16/9/2011) malam.

"Bagi saya cita rasa makanan Indonesia itu tinggi, dapat dipasarkan dan bisa memberi dampak ekonomi yang tinggi. Apalagi rendang sama nasi goreng jadi makanan populer di dunia," ungkapnya.

Dia mencontohkan, di Belanda ada lebih dari 1.000 restoran Indonesia. Ini berarti orang-orang Eropa suka dengan masakan Indonesia. Diungkapkannya, di New York ada restoran nasi Padang yang larisnya luar biasa, begitu pula di Los Angeles, Amerika Serikat (AS).

"Di Sydney juga ada Bakmi GM. Jadi ini bisa berdampak sama ekonomi kita. Pada tingkat dan penghasilan tertentu, orang ingin ber-experience dengan masakan Indonesia, terus masakan bisa dijadikan tujuan wisata kuliner," jelasnya.

Namun demikian, dirinya mengaku tidak memegang data pasti berapa besar kontribusi makanan Indonesia ke perekonomian Tanah Air.

"Kita harus tanya teman-teman di Kementerian Perdagangan (Kemendag), tapi yang jelas itu akan berdampak langsung ke UKM. Membuat makanan ini kan ekonomi kecil, pasti akan berdampak langsung ke mereka," pungkasnya.

[Image: ilustrasi-makanan-warteg.jpg]




Siap mojok lagi cool

09-18-2011 05:12 PM
Find all posts by this user Quote this message in a reply

Post Reply