EO Community : Komunitas Event Organizer Indonesia | Meet, Share & Discuss |



Post Reply 
 
Thread Rating:
  • 0 Votes - 0 Average
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
 
Tips Cegah Bau Mulut Dengan Cara Sederhana
 
Share to: Facebook Twitter StumbleUpon Send
 to Google Buzz Send to LinkedIn
Author Message
Aura.rahma Offline
Ruang Bunda
*

Posts: 3,360
Joined: Oct 2010
Reputation: 990
  

 
Post: #1
Tips Cegah Bau Mulut Dengan Cara Sederhana
[Image: bau20mulut_ok1.jpg]
Meski kerap dihindari oleh semua orang, bau mulut yang tidak sedap seringkali muncul tanpa disadari. Kalau sudah begini, rasa percaya diri tentu akan berkurang dan akan mengganggu terutama disaat seseorang tengah bercakap-cakap atau bersosialisasi dengan orang lain.

Selain karena mengonsumsi makanan yang baunya tajam-seperti bawang, dimana minyaknya diserap ke dalam paru-paru lalu dikeluarkan saat bernafas – bau mulut yang tidak sedap juga bisa disebabkan karena menumpuknya plak bakteri pembusuk dari partikel makanan dan adanya sisa makanan pada gigi, gusi dan lidah.

Hal lain yang dapat menimbulkan bau mulut adalah mulut yang kering selama tidur, gangguan saluran pencernaan, kontipasi atau sulit buang air besar, merokok dan obat-obat tertentu yang memungkinkan sel mati mengumpul pada lidah, gusi dan dinding bagian dalam pipi.

Langkah yang paling umum dilakukan untuk mengatasi masalah ini adalah memelihara kebersihan gigi dan mulut dengan menggosok gigi dan lidah (jika memungkinkan setiapkali habis makan). Dianjurkan pula untuk membersihkan sela-sela gigi dengan benang gigi (dental floss) untuk lebih meyakinkan tidak ada lagi sisa-sisa makanan yang menyangkut di sela-sela gigi. Hal lain yang bisa dilakukan selanjutnya adalah berkumur dengan cairan pencuci mulut (mouthwash) sehingga mulut akan terasa lebih segar.

Minum air putih sebanyak-banyaknya juga dapat mencegah bau yang tidak sedap pada mulut agar tidak ada bakteri yang menumpuk di dalam mulut dan di tenggorokkan. Selain itu diharapkan dengan cara ini sisa makanan pada sela gigi akan terlepas.

Ubahlah kebiasaan merokok yang dapat memperburuk kebersihan mulut, demikian pula untuk mengurangi atau lebih baik menghilangkan kebiasaan mengkonsumsi minuman beralkohol yang dinilai dapat mengurangi produksi air liur dan dapat memperparah bau mulut. Cara lain yang dapat dicoba adalah dengan minum air teh beraroma mint, mengonsumsi lalapan daun kemangi dan kunir.

Terakhir jangan lupa untuk selalu memeriksa kondisi kesehatan rongga mulut ke dokter.

sumber : plisdeh.com


12-05-2010 03:35 PM
Find all posts by this user Quote this message in a reply

Post Reply 


Possibly Related Threads...
Thread: Author Replies: Views: Last Post
  Tips Contoh Gaya Hidup Sehat Dan Sederhana Mutiara_AIBI 1 855 01-04-2017 03:03 PM
Last Post: pesanacemaxs
  Ditemukan Cara Baru Cegah Kanker Kulit Azizah 13 2,711 01-21-2016 03:17 PM
Last Post: ramdanirahman
  Cara Merawat Gigi Dan Mulut Dengan Benar dina 0 1,302 12-03-2014 11:20 AM
Last Post: dina
  5 Tips Cegah Kanker Payudara (Dari Dokter Harvard) acetogenin 13 3,573 05-27-2014 04:51 PM
Last Post: acetogenin