EO Community : Komunitas Event Organizer Indonesia | Meet, Share & Discuss |



Post Reply 
 
Thread Rating:
  • 0 Votes - 0 Average
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
 
Teknologi Kekuatan Otak Gerakkan Kursi Roda
 
Share to: Facebook Twitter StumbleUpon Send
 to Google Buzz Send to LinkedIn
Author Message
MasterTwitter Offline
๑۩۩»»ÉÖcer's««۩۩๑
EOcer's

Posts: 65
Joined: Oct 2010
Reputation: 16
  

 
Post: #1
Teknologi Kekuatan Otak Gerakkan Kursi Roda
[Image: Kekuatan+Otak+Gerakkan+Kursi+Roda.jpg]
Siapa sangka di masa depan kita dapat menggunakan pikiran atau otak kita untuk menggerakkan alat-alat transportasi dan berbagai jenis perangkat lainnya.

Hal ini dapat mungkin terjadi, kali ini Toyota telah membuat lompatan jauh kedepan dalam pengembangan teknologi kontrol. Toyota berhasil mengembangkan cara mengendalikan kursi roda dengan gelombang otak.

Penggunanya tidak perlu menggerakkan satu ototpun atau meneriakkan perintah. Sistem menggerakkan benda dengan menggunakan gelombang otak ini di sebut Brain Machine Interface (BMI).


Kelebihan sistem yang dikembangkan Toyota kali ini merupakan sistem yang tercepat di dunia dalam hal menganalisa gelombang otak. Sistem yang ada selama ini butuh waktu beberapa detik untuk membaca dan menganalisa gelombang otak. Teknologi Toyota hanya membutuhkan 125 milidetik. 1 mili detik sama dengan seperseribu detik. Artinya dengan kecepatan seperti itu, pengguna tidak merasakan delay antara yang diinginkan dengan respon kursi roda.

Pengguna kursi roda menggunakan tutup kepala yang dilengkapi elektroda untuk membaca gelombang otak yang diteruskan ke brain scan electroencephalograph atau EEG, yang diterjemahkan menjadi gerakan oleh kursi roda listrik.
[Image: Kekuatan+Otak+Gerakkan+Kursi+Roda+2.jpg]

Sistem ini memungkinkan penggunanya bergerak ke kiri atau kekanan dan maju nyaris seketika. Namun untuk berhenti, tidak bisa sekedar memikirkannya. Pengguna harus menggelembungkan pipinya yang akan diterjemahkan detektor yang ada di wajahnya sebagai tanda berhenti. Rencananya Toyota belum akan memproduksi secara massal, karena masih akan terus dikembangkan agar menjadi lebih sempurna.


11-29-2010 03:13 PM
Visit this user's website Find all posts by this user Quote this message in a reply

Post Reply 


Possibly Related Threads...
Thread: Author Replies: Views: Last Post
  Subhanallah, Otak Lebah Mirip Otak Manusia dina 4 8,479 01-02-2014 03:58 PM
Last Post: dina
Lightbulb 10 Teknologi Masa Depan| 10 Produk Teknologi Masa Depan Yang Bakal Terwujud warungvideo 5 4,164 11-15-2013 10:50 AM
Last Post: rahmanmaulana
  Main sepatu roda di atas trek roller coaster - Luar biasa Nursam 12 2,643 02-07-2013 08:39 AM
Last Post: Nursam
  Perbedaan Dasar Antara Otak Kiri Dan Otak Kanan Gogol_HT 1 1,635 10-29-2011 07:55 PM
Last Post: delvis66