EO Community : Komunitas Event Organizer Indonesia | Meet, Share & Discuss |



Thread Closed 
 
Thread Rating:
  • 1 Votes - 2 Average
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
 
Sensor Elektronik Batasi Mobil Pribadi
 
Share to: Facebook Twitter StumbleUpon Send
 to Google Buzz Send to LinkedIn
Author Message
marbela Offline
๑۩۩»»ÉÖcer's««۩۩๑
EOcer's

Posts: 74
Joined: Nov 2010
Reputation: 9
  

 
Post: #1
Information Sensor Elektronik Batasi Mobil Pribadi
[Image: sensor.jpg]
JAKARTA (Pos Kota) – Berbagai wacana membatasi jumlah kendaraan bermotor di Ibukota Jakarta terus digulirkan. Mulai dari menaikkan pajak yang tinggi, menyediakan moda transportasi massal hingga menaikan tarif parkir dan sebagainya. Bahkan Polda Metro Jaya mengusulkan pemberlakuan sistem Electronic Road Price (ERP) untuk menekan kemacetan.

“Ini baru wacana untuk membatasi beroperasi mobil pribadi di sejumlah jalur tertentu, terutama jalan protokol,” kata Kombes Royke Lumowa, Direktur Lalulintas Polda Metro Jaya, Jumat (12/11).

Pembatasan penggunaan mobil pribadi melalui sensor elektronik seperti ini sudah diterapkan di Singapura. Hanya saja, Royke menjelaskan sensor matic ini nantinya harus dibeli oleh pemilik mobil dan dipasang di dalam mobilnya.

Pembatasan mobil pribadi dengan sistem ERP ini hanya merupakan salah satu solusi. Masih banyak cara lain yang bisa dilakukan untuk membatasi mobil pribadi di antaranya memberlakukan sistem plat nomor ganjil genap.

Untuk jangka pendek, Royke meminta dukungan moral kepada masyarakat yang memiliki mobil banyak agar tidak menggunakan kendaraan lebih dari satu setiap harinya.

HARUS DIBUAT KAJIAN

Sementara itu, Pengamat transportasi Suhari Sargo menyatakan bisa saja sistem ERP ini diterapkan. Namun sebelum diterapkan sebaiknya dibuat kajian lebih dulu termasuk sejauhmana hasilnya.

Menurut Suhari, selama ini sumber kemacetan di Jakarta salah satu ‘biang keroknya’ karena banyak warga Bodetabek yang membawa kendaraan. Mereka terpaksa memakai kendaraan karena bisa cepat dan mudah untuk menunjang pekerjaannya.

Jadi untuk mengurai kemacetan lalulintas di Ibukota, Suhari Sargo mengusulkan pemerintah bisa membangun Mass Rapid Transit (MRT) di bawah ruas jalan tol, yang menghubungkan wilayah Bodetabek ke di Jakarta.

Katakanlah di Jakarta dibuat beberapa lokasi terminal transit, misalnya Kampung Rambutan. Dari Kampung Rambutan disiapkan Busway melayani berbagai rute. “Saya kira ini salah satu cara yang bisa dilakukan, meski tidak bisa menyelesaikan secara tuntas kemacetan di Ibukota,” katanya. (edi/setiawan/o)


11-13-2010 12:47 PM
Find all posts by this user

Thread Closed 


Possibly Related Threads...
Thread: Author Replies: Views: Last Post
  Ini Dia Jenis Pelanggaran Tilang Elektronik Gogol_HT 3 1,288 03-30-2011 11:32 AM
Last Post: Borjong
  TILANG ELEKTRONIK,ga pake polisi zahrazad 1 862 03-27-2011 10:41 AM
Last Post: Amri_MF
  Bea Cukai Amankan Puluhan Barang Elektronik RezKrokolatoz 0 944 02-20-2011 05:47 PM
Last Post: RezKrokolatoz