EO Community : Komunitas Event Organizer Indonesia | Meet, Share & Discuss |


Post Reply 
 
Thread Rating:
  • 0 Votes - 0 Average
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
 
Sejarah Kota Luwuk
 
Share to: Facebook Twitter StumbleUpon Send
 to Google Buzz Send to LinkedIn
Author Message
embanun Offline
Wisata & travel
*

Posts: 1,785
Joined: Jan 2011
Reputation: 794
  




 
Post: #1
Information Sejarah Kota Luwuk
Luwuk adalah ibukota Kabupaten Banggai, Sulawesi Tengah yang berjarak ± 607 km dari Kota Palu yang dapat ditempuh selama ± 14 jam dari Palu.

Kota Luwuk mempunyai moto “Luwuk Berair” dengan arti kota yang “Bersih – Aman – Indah dan Rapi”.

[Image: visit-luwuk.jpg]

Sedikit dataran rendah yang terdapat di bibir pantai menjadi sentra kota, pemerintahan dan pemukiman penduduk. Sedangkan tak jauh di belakang kota adalah dataran tinggi / pegunungan yang hijau dan subur. Kondisi geografis ini membuat kota Luwuk tampak unik, memanjang menyusuri pantai.

Sejarah kota Luwuk tak dapat dipisahkan dari sejarah Kerajaan Banggai yang telah dikenal sejak abad ke 13 masehi dan termuat dalam buku negara karangan pujangga terkenal empu prapanca pada tahun saka 1478 atau 1365 masehi dengan Raja Mandapar yang bergelar Mumbu Doi Godong sebagai Raja Pertama yang dilantik oleh Sultan Said Berkad Syam dari Kerajaan Ternate.Pusat kerajaan pertama berada di pulau Banggai dan pada masa pemerintahan Raja Syukuran Amir pusat pemerintahan di pindahkan ke Banggai Darat (luwuk).

Suku asli kota Luwuk yakni suku Balantak, Saluan, dan Banggai (sebelum banggai menjadi kabupaten sendiri) biasa disingkat Babasal. Mereka dapat berinteraksi dan berbagi dengan suku pendatang seperti Gorontalo, Makassar-Bugis(Sulsel), Jawa, Buton-Muna-Raha(Sultra), Mori(Poso), Kaili(Palu dan sekitarnya), Manado dan Tionghoa.

Sumber : kotaluwuk.wordpress.com





[img]https://lh4.googleusercontent.com/-aq-sHNITk14/Tldyp3kJKOI/AAAAAAAAAF8/nh3qAiG-J-0/s128/116.gif[/img]

05-05-2011 02:33 AM
Visit this user's website Find all posts by this user Quote this message in a reply

Post Reply