EO Community : Komunitas Event Organizer Indonesia | Meet, Share & Discuss |



Post Reply 
 
Thread Rating:
  • 1 Votes - 1 Average
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
 
SALES DI CACI, SALES DICARI
 
Share to: Facebook Twitter StumbleUpon Send
 to Google Buzz Send to LinkedIn
Author Message
EyangSubur Offline
๑۩۩»»ÉÖcer's««۩۩๑
EOcer's

Posts: 188
Joined: Nov 2010
Reputation: 46
  

 
Post: #1
SALES DI CACI, SALES DICARI
[Image: Putu_Putrayasa.jpg]

“Pak Putu, kenapa ya? Saya pengen sekali bisa menjual, tapi gak bisa-bisa” tanya seorang Pembaca buku, “Desain Ulang Hidup Anda” dari Jakarta. Wanita muda ini adalah seorang karyawan salah satu stasiun televisi terbesar di Indonesia, seorang Auditor dengan latar belakang pendidikan seorang Akuntan.

Sudah kerja di TV Nasional, jabatannya keren, jadi Auditor lagi, ngapain pengen jadi Sales? “ Tanya saya menggoda keseriusannya utk belajar menjual. Di Indonesia, profesi menjual, memang tidak membuat orang jadi bangga. Di buku saya, “Desain Ulang Hidup Anda” saya menjelaskan cukup panjang, mengapa kecerdasan SMQ-Sales and Marketing Quotion” sangat perlu di zaman sekarang ini. Tidak kurang dari Robert T. Kiyosaki, menyarankan, bahwa kalo ingin kaya, seseorang haruslah pandai menjual.


Sahabat saya, yang menulis buku “The Power Of Selling” menuliskan data yang diperolehnya dari Badan Pusat Statistik, bahwa 17,9jt Juta penduduk indonesia, sebenarnya berprofesi sebagai Penjual. Dibandingkan yang berprofesi di bidang produksi, manufaktur, alat transportasi sekitar 25,7jt dan tenaga untuk pertanian, kehutanan, perburuan dll. 42,1jt orang, maka tenaga penjual menempati urutan ketiga dari segi jumlah, dibandingkan tenaga pertanian dan produksi. 17jt orang inilah yang telah menjual produk yang diproduksi oleh 25,7 jt tenaga kerja dan dihasilkan oleh 42,1jt orang, alias 67,8jt tenaga kerja Indonesia. Artinya, 17jt orang ini yang telah menjadi ujung tombak dari 67,8jt jiwa tenaga kerja tersebut.

Ujung Tombak bagaimana? Kalo anda seorang entrepreneur, anda akan paham, bahwa apa yang harus anda pikirkan pertama kali ketika anda akan memulai usaha adalah Bagaimana menjual produk atau jasa. Jadi dengan anda tahu bagaimana menjual dan mengelola uang, anda sdh bisa memulai usaha. 80% bisnis yang mati di tahun pertama, mati karena tidak berhasil menjual produk mereka. Jadi bolehlah berbangga, pengetahuan dan keahlian sales dan marketing, benar-benar bisa menyelamatkan biduk sebuah perahu usaha. Banyak perahu UKM yang karam, atau hidup segan mati tak mau, karena kurangnya kompetensi menjual.

Ironisnya, sebegitu penting peranan dunia sales di dalam bisnis dan UKM yang katanya menjadi tulang punggung perekonomian negara ini, Sales menjadi seperti profesi yang direndahkan, diremehkan dan dihindari di negara ini. Sistem pendidikan kita pun, tidak mengajarkan, bagaimana menjual apalagi mengenalkan Profesi sales sebagai profesi yang mulia dan membanggakan. Padahal bisa dibayangkan, jika tdk terjadi penjualan, jika tdk ada profesi sales, 17jt org yang menghidupi 67,8 orang itu akan kehilangan pekerjaannya.

Bayangkan, kalo 1 orang, mewakili 3 org, brp jumlah rakyat Indonesia yang terbengkalai dan tidak memiliki pendapatan dan penghidupan yang layak karenanya. Dari situ kita tahu, profesi sales, menjadi pekerjaan yang tidak terhindarkan. Seorang pemilik dealer sebuah merk sepeda motor ternama, dengan 16 cabang di Yogyakarta dan jawa tengah, suatu ketika bercerita kepada saya, bagaimana penjualan yang menurun, dari 1300 unit sepeda Motor, menjadi hanya sekitar 500 unit per bulan telah membuat kacau usahanya. Perlu strategi lain, untuk membuat usahanya tetap menghasilkan, ia mengutamakan memberikan training, kepada para salesnya.

Seberapa bangga pak Putu dg Profesi sales? Mungkin pertanyaan itu muncul di pikiran anda. Okelah, saya ceritakan, bagaimana ketika satu pagi, saya sdg BBM an dg sahabat saya, kuliah satu angkatan di UGM belasan tahun silam. Obrolan terjadi, ketika sahabat saya ini, ingin menjadi Event Organiser utk training-training yang saya buat. Ketika saya katakan, salah satu training yang saya tawarkan adalah Sales Booster with NLP, sahabat saya ini menjawab dengan sopan. “Put, bolehkah aku usul, agar utk materi sales, kamu isi sama orang lain?” “Kenapa Bro? “ Tanya saya agak Heran… “Biar sesuai dengan profesinya donk, kamu kan pengusaha?” Kata sahabat saya ini penuh respek.

Saya paham, ia pasti menganggap profesi sales, tidak pas, atau terlalu kecil bagi saya. Tapi saya jawab, “Bro, saya memang pengusaha, trainer, penulis buku, dll…. “ Saya membiarkan kata-kata itu menggantung sejenak… “Tapi saya paling bangga karena saya adalah seorang Sales…., karena sebenarnya saya memang sales…” Sejak berusia 6 tahun, saya telah menjual buah pare, kelapa, bibit ikan bandeng, dll. Ketika saya berusia belasan tahun, saya menjual es keliling desa, barang rongsok, kayu bakar, pasir, koral dll.

Ketika saya kuliah, saya menjual fotocopyan buku mata kuliah, tape, kulkas, obat-obatan, tv, komputer, diktat, barang elektronik dll. Ketika saya telah tidak kuliah lagi, saya menjual ruko, rumah, suplemen, tanah, kayu jati, kaset, tiket seminar, dan masih banyak lagi yang lainnya. Saya melatih team sales dan marketing saya, sejak 1998 hingga sekarang, tersebar dari Sumatra sampai Papua dan menghasilkan Omset lebih dari 35 Milyard per tahun, sejak 2003 hingga sekarang, apakah tidak Bangga? “Biarkan orang mencaci profesi sales, tapi saya akan tetap bangga dengan profesi ini” Ungkap saya kepada seorang ibu, Pensiunan Bank BUMN, yang meminta saya memberikan training kepada para Sales di sebuah Bank Perkreditan Rakyat (BPR) yang memiliki 7 cabang di semarang dan kota lain di Jawa tengah.

“Seorang sales sering dicaci, tetapi dia akan selalu dicari, kalo tidak percaya, lihat saja iklan koran, setiap hari pasti ada lowongan untuk seorang sales”usahanya akan maju, kalo dia pandai menjual…adalah seorang yang pandai “menjual” ide dan gagasan kepada team dan koleganya. So apakah anda sudah menyiapkan diri anda untuk menjadi seorang Profesional di bidang sales? Suatu Profesi dengan investasi termurah, yang bisa dilakukan oleh siapa saja, untuk mengantarkan seseorang menuju Prestasi, kesuksesan dan kelimpahan? Sebuah profesi yang sangat berguna, ketika anda berada di puncak kepemimpinan, atau mendayung biduk usaha anda. Selamat Memutuskan, salam prestasi Indonesia


11-20-2010 04:08 PM
Find all posts by this user Quote this message in a reply

Post Reply