EO Community : Komunitas Event Organizer Indonesia | Meet, Share & Discuss |



Post Reply 
 
Thread Rating:
  • 1 Votes - 3 Average
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
 
Panda Nababan Laporkan Lima Hakim Tipikor ke MA
 
Share to: Facebook Twitter StumbleUpon Send
 to Google Buzz Send to LinkedIn
Author Message
kaskuser Offline
Sobat Baru

Posts: 23
Joined: Oct 2010
Reputation: 3
  

 
Post: #1
Panda Nababan Laporkan Lima Hakim Tipikor ke MA
[Image: 100405172759.jpg]

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Anggota Komisi II DPR RI, Panda Nababan, melaporkan lima hakim Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) kepada Mahkamah Agung (MA). Pelaporan tersebut terkait keputusan Pengadilan Tipikor terhadap Dudhie Makmun Murod pada kasus suap pemilihan Deputi Gubernur Bank Indonesia (BI).

Berdasarkan keputusan itu, Panda menjadi salah satu tersangka dari 26 tersangka kasus suap tersebut. "Yang saya laporkan akibat keputusan yang dibuat mereka (lima hakim tersebut)," kata Panda di Gedung MA, Kamis (21/10). Lima Hakim itu adalah, Nani Indrawati, Herdi Agustin, Achmad Linoh, Slamet Subagio, dan Sofialdi.

Menurut Panda keputusan yang diambil oleh kelima hakim itu tidak didasarkan pada pertimbangan-pertimbangan yang obyektif dan tidak bersikap adil. Sehingga cenderung ada manipulasi fakta persidangan. Dalam persidangan dia hanya diperiksa sebagai saksi. Tetapi justru dalam keputusan terhadap Dudhie tersebut, statusnya naik menjadi tersangka. Oleh karena itu kepada MA, dia meminta pendapat tentang forum hukum apa yang bisa digunakan untuk mendapatkan keadilan terkait putusan itu.

Di dalam surat yang diberikan Panda kepada MA, fakta-fakta manipulasi dalam putusan lima hakim itu adalah tentang perintah Panda untuk menemui Ari Malang Judo di Restoran Bebek Bali. Seperti yang diketahuui Ari Malang Judo adalah orang yang disebutkan diberi perintahkan untuk memberikan cek perjalanan yang nantinya dibagi-bagikan kepada anggota DPR saat pemilihan Deputi Gubernur Senior BI.

Fakta lain yang dinilai sebagai manipulasi adalah tentang penerimaan TC (Traveler Cheque) BII oleh Panda Nababan sebesar Rp 1,45 miliar dan terkait keberadaan uang sebesar Rp 500 juta yang berasal dari TC atas nama Panda Nababan.

Menurut penjelasan Panda, tiga fakta tersebut sebenarnya sudah disangkal saksi-saksi lain di pengadilan. Selain itu, tidak ada bukti-bukti nyata yang mengarahkan pada fakta-fakta tersebut. "Saya tidak mau peradilan tindak pidana korupsi ini dinodai oleh hakim yang tidak cakap menjalankan tugas," ujarnya.

Dalam kesempatannya di MA, Panda juga meminta MA untuk memanggil, memeriksa, dan menindak lima majelis hakim tersebut. Lalu terkait putusannya, dia meminta dilakukan eksaminasi. Dalam upaya mempertanyakan putusan yang menetapkan dirinya sebagai tersangka, Panda sebelumnya sudah mendatangi Komisi Yudisial dan juga Komisi Nasional Hak Asasi Manusia.
Red: Endro Yuwanto
Rep: Rosyid Nurul Hakim


10-21-2010 01:19 PM
Find all posts by this user Quote this message in a reply

Post Reply 


Possibly Related Threads...
Thread: Author Replies: Views: Last Post
  GAJI HAKIM: Memperbaiki kesejahteraan penegak hukum beppe 1 958 04-18-2012 02:53 PM
Last Post: EDi_OMG
  Laporkan Perbuatan Mesum Seorang Pria Ditangkap ******* 0 2,497 10-15-2011 02:39 AM
Last Post: *******
  Tertipu Jenis Kelamin, Istri Laporkan Suami ke Polisi nozomi.ryota 16 4,385 07-29-2011 10:23 AM
Last Post: Pradukun
  "S" Pernah Diangkat Sebagai Hakim Karier Tipikor RezKrokolatoz 0 736 06-04-2011 09:05 AM
Last Post: RezKrokolatoz