EO Community : Komunitas Event Organizer Indonesia | Meet, Share & Discuss |


Post Reply 
 
Thread Rating:
  • 1 Votes - 5 Average
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
 
Mistery tentang arah acungan tangan Patung Pancoran
 
Share to: Facebook Twitter StumbleUpon Send
 to Google Buzz Send to LinkedIn
Author Message
Gogol_HT Offline
๑۩۩»»ÉÖÇ««۩۩๑
*

Posts: 14,299
Joined: Oct 2010
Reputation: 4895
  




 
Post: #1
Mistery tentang arah acungan tangan Patung Pancoran
Punya Misteri?

[Image: pancoran4.jpg]
seperti di lihat di gambar kita akan membahas patung PANCORAN… pasti semua bertanya tanya mengenai arah tangan dari patung pancoran. hal seperti ini juga terjadi pada diri saya yang selalu bertanya tanya mengapa arah tangan patung pancoran mengacung ke arah utara???
mengapa tidak ke arah timur. atau selatan?? mengapa pula tidak mengarah ke istana???

Data-data singkat mengenai patung Dirgantara:

1.Pada awalnya pembuatan nya, Bung Karno sendiri lah yang menjadi model nya. Sebelum maket patung dikerjakan oleh Bapak Edhi Sunarso itu, Bung Karno berulang-ulang kali memperagakan bagaimana model patung nya harus berdiri. Biaya pemasangan patung ini pembiayaannya berasal dari kantung pribadi Bung Karno, yaitu dengan menjual sebuah mobil pribadinya.

2.Proses pemasangan Patung Dirgantara selalu ditunggui oleh Bung Karno, sehingga kehadirannya selalu merepotkan aparat negara yang bertugas menjaga keamanan sang kepala negara. Alat pemasangannya sederhana saja yaitu dengan menggunakan Derek tarikan tangan. Patung yang berat keseluruhannya 11 ton tersebut terbagi dalam potongan-potongan yang masing-masing beratnya 1 ton.

3.Patung ini terbuat dari bahan perunggu, berat patung 11 ton, Tinggi patung 11 meter, sementara tinggi voetstuk (kaki patung) 27 meter, dikerjakan oleh PN Hutama Karya dengan IR. Sutami sebagai arsitek pelaksana.

Ada gosip yang mengatakan bahwa Presiden Soekarno harus menjual mobilnya untuk membiayai pembuatan patung ini. Sayangnya sekarang monumen ini tertutupi oleh jalan layang dan jalan tol

[Image: 54620_kawasan_pancoran_jakarta_tahun_1970_an.jpg]
beberapa cerita tentang misteri acungan tangan patung pancoran Menarik

1.konon patung pancoran menunjuk sebuah tempat dimana bung karno meletakkan harta kekaya'annya yg dipercaya dapat melunasi hutang negara

2.beberapa orang menceritakan bahwa patung ini menghadap ke sebuah pelabuhan sunda kelapa yang merupakan jantung peradaban bangsa indonesia selama di jajah belanda.
3. namun ada juga yang bilang dulu maksud di bangunnya tugu pancoran adalah untuk menyatakan bahwa kiblat politik indonesia adalah ke RUSIA arah komunis???
4.Tapi bisa juga karena tugu pancorana punya nama asli patung dirgantara
jadi arah utara yang di tunjukan sama tuh patung adalah lokasi bandara di jakarta yang dulu ada di kemayoran jakarta
sebelum di pindah kan ke cengkareng bro


CERITA LAINYA
Prnh dgr2 ktnya utara yg biasanya pda mata angin dasar menunjuk ke atas yg berarti ke depan yg bermaksud indonesia harus maju ke depannya/menjadi maju bkn menjadi mundur dan gw pkr pke logika benar jga sih

Waktu itu upah seniman patungnya belum dibayar, terus Pak Karno akhirnya ngelunasin sebagian upahnya pake duit hasil dari jual mobilnya. Waktu patung ini dipasang, seniman patungnya dari atas ngeliat di bawah ada iring-iringan mobil jenazah. Setelah dikasih tahu kalo yang meninggal adalah Pak Karno, dia langsung turun ikut ngasih penghormatan.
Pak Karno nggak sempat liat Patung Dirgantara selesai dipasang Sad




UNTUK MENJADI BAGIAN DARI KELUARGA BESAR EOC
SILAHKAN REGISTER
DISINI
SEMOGA SEMAKIN BANYAK SENYUM DARI ANDA DGN BERGABUNG DI EOCOMMUNITY.COM
..

08-27-2012 10:51 AM
Find all posts by this user Quote this message in a reply

adihartono Offline
EOC Gosipers ♬
*

Posts: 10,659
Joined: Apr 2011
Reputation: 6106
  




 
Post: #2
RE: Mistery tentang arah acungan tangan Patung Pancoran
Bung Karno, tokoh panutan dan Bapak Bangsa yang tetap kucinta sedih



Antara SileBaY , Si Diam dan Si Nyeleneh

BUNG KARNO, PAHLAWAN PROKLAMASI

Website EOC Gosiper
http://www.logikreasi.com
http://www.adiconnect.blogspot.com
08-28-2012 09:47 AM
Find all posts by this user Quote this message in a reply

Golle Offline
๑۩۩»»ÉÖcer's««۩۩๑
EOcer's

Posts: 736
Joined: Apr 2011
Reputation: 86
  




 
Post: #3
RE: Mistery tentang arah acungan tangan Patung Pancoran
nice info banget mas bro..2thumbup

agak sedih



๑۩۩»»Golle««۩۩๑
09-05-2012 09:51 PM
Find all posts by this user Quote this message in a reply

Gogol_HT Offline
๑۩۩»»ÉÖÇ««۩۩๑
*

Posts: 14,299
Joined: Oct 2010
Reputation: 4895
  




 
Post: #4
RE: Mistery tentang arah acungan tangan Patung Pancoran
(09-05-2012 09:51 PM)Golle Wrote:  nice info banget mas bro..2thumbup

agak sedih

pasti yang pas rombongan jebajah ya, emang mengharukan

btw lama gak jumpa apakabar sob ? salam



UNTUK MENJADI BAGIAN DARI KELUARGA BESAR EOC
SILAHKAN REGISTER
DISINI
SEMOGA SEMAKIN BANYAK SENYUM DARI ANDA DGN BERGABUNG DI EOCOMMUNITY.COM
..

09-05-2012 10:48 PM
Find all posts by this user Quote this message in a reply

Post Reply