EO Community : Komunitas Event Organizer Indonesia | Meet, Share & Discuss |



Post Reply 
 
Thread Rating:
  • 1 Votes - 3 Average
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
 
Manfaat Besar Dibalik Pedasnya Cabai
 
Share to: Facebook Twitter StumbleUpon Send
 to Google Buzz Send to LinkedIn
Author Message
warungvideo Offline
๑۩۩»»ÉÖcer's««۩۩๑
EOcer's

Posts: 298
Joined: Oct 2010
Reputation: 40
  

 
Post: #1
Thumbs Up Manfaat Besar Dibalik Pedasnya Cabai
[Image: chili_pepper.jpg]

Cabai, meski pedas banyak penggemarnya! Justru rasa pedasnya menimbulkan rasa ketagihan. Cabai juga banyak macamnya. Dari cabai rawit yang meski kecil tapi pedasnya luar biasa sampai paprika yang gendut bulat tapi rasa pedasnya tidak terlalu menggigit. Dibalik sensasi pedasnya cabai, ternyata cabai juga memiliki zat yang bermanfaat untuk tubuh. Simak deh!

Untuk penggemar rasa pedas, semangkuk bakso kurang nendang rasanya kalau tidak ditambahkan sesendok makan sambal atau lebih. Rasanya kurang afdol pula bila menyantap ikan mas goreng atau ayam goreng tanpa sambal terasi dan lalaban. Tanpa terasa, piring Anda telah licin tandas!

Cita rasa masakan Menado yang sensasional dengan paduan pedas dan asamnya yang ekstrim juga jadi favorit. Selain meningkatkan nafsu makan ternyata cabai berkhasiat pula untuk tubuh.

Istilah kecil-kecil cabai rawit ternyata bukan cuma sekedar istilah. Si cabai rawit ini ternyata mengandung vitamin C dan betakaroten (provitamin A) yang konon mengalahkan kandungan buah-buahan populer seperti mangga, nanas, pepaya atau semangka.

Bahkan menurut penelitian, kadar mineralnya, terutama kalsium dan fosfor mengungguli ikan segar. Sebetulnya di antara jenis-jenis cabai lainnya, paprika merah memiliki kandungan vitamin C yang paling tinggi, hingga dua kali lipat.

Sementara kadar betakarotennya pun lebih unggul dibandingkan dengan paprika hijau, 9 kali lebih besar. Sebagian besar kandungan betakaroten paprika terkonsentrasi pada bagian di dekat kulit.

Apa sih yang membuat cabai terasa pedas sehingga menimbulkan sensasi tersendiri? Ternyata yang menjadi biang keladinya adalah zat yang disebut kapsaisin, yang tersimpan dalam 'urat' putih cabai, tempat melekatnya biji.

Cabai juga mempunyai kemampuan untuk merangsang produksi hormon endorfin yang bertanggung jawab untuk membangkitkan sensasi kenikmatan.

Selain itu, manfaat lainnya adalah berkhasiat sebagai obat. Pernah dengar kan nasihat kalau pusing, makan yang pedas-pedas? Nasihat itu ada benarnya karena rasa pedas yang ditimbulkan kapsaisin dapat menghalangi aktivitas otak ketika menerima sinyak rasa sakit dari pusat sistem saraf. Terhambatnya perjalanan sinyal ini akan mengurangi rasa sakit yang kita derita. Jika Anda ingin mengurangi rasa pedas cabai, buang 'urat' putih tempat melekatnya biji berikut bijinya.

source: http://www.strov.co.cc/2010/05/di-balik-...a-ada.html


10-18-2010 01:13 PM
Find all posts by this user Quote this message in a reply

delvis66 Offline
The Mind Master
*

Posts: 8,123
Joined: Feb 2011
Reputation: 1400
  

 
Post: #2
RE: Manfaat Besar Dibalik Pedasnya Cabai
ini yang bener2 hot...
red hot and green hot....
jadi laper.. mikir


05-13-2011 07:31 PM
Find all posts by this user Quote this message in a reply

Pradukun Offline
Tukang Mojok
*

Posts: 10,353
Joined: Feb 2011
Reputation: 3660
  

 
Post: #3
RE: Manfaat Besar Dibalik Pedasnya Cabai
Pagi - Siang - Malam ..... setiap makan wajib pake sambal, terlanjur hobi deh sampe sering di marahin orang kantor setiap makan siang pasti dapat warning dari Juru Masak supaya nggak ngabisin sambelnya. hehehehe


05-14-2011 07:40 AM
Find all posts by this user Quote this message in a reply

info_terbaik Offline
Game Master
*

Posts: 1,577
Joined: Mar 2013
Reputation: 538
  

 
Post: #4
RE: Manfaat Besar Dibalik Pedasnya Cabai
(05-14-2011 07:40 AM)Pradukun Wrote:  Pagi - Siang - Malam ..... setiap makan wajib pake sambal, terlanjur hobi deh sampe sering di marahin orang kantor setiap makan siang pasti dapat warning dari Juru Masak supaya nggak ngabisin sambelnya. hehehehe

Pengalaman yang cukup menarik hore


09-28-2013 09:15 AM
Visit this user's website Find all posts by this user Quote this message in a reply

Remember_When Offline
Unique♥
*

Posts: 1,398
Joined: May 2013
Reputation: 295
  

 
Post: #5
RE: Manfaat Besar Dibalik Pedasnya Cabai
ane juga sama , makan gak pas kalo gak pake sambel haha


09-28-2013 11:03 AM
Visit this user's website Find all posts by this user Quote this message in a reply

mozamaulida Offline
๑۩۩»»ÉÖcer's««۩۩๑
EOcer's

Posts: 600
Joined: Jul 2013
Reputation: 62
  

 
Post: #6
RE: Manfaat Besar Dibalik Pedasnya Cabai
aku suka makanan pedass yamiii hihihi


09-28-2013 11:11 AM
Find all posts by this user Quote this message in a reply

abcD12345 Offline
๑۩۩»»ÉÖcer's««۩۩๑
EOcer's

Posts: 803
Joined: Jul 2013
Reputation: 77
  

 
Post: #7
RE: Manfaat Besar Dibalik Pedasnya Cabai
kaya nya enak tuu kalau makan cabe make mie hehengiler


09-28-2013 01:28 PM
Visit this user's website Find all posts by this user Quote this message in a reply

Post Reply 


Possibly Related Threads...
Thread: Author Replies: Views: Last Post
  Mau Mencoba? Inilah Cabai Terpedas di Dunia LindaCarling 6 1,971 07-27-2011 03:41 PM
Last Post: adihartono
  Cabai Terpedas di Dunia rohmansah 1 1,001 03-12-2011 11:00 AM
Last Post: erwan_hide