EO Community : Komunitas Event Organizer Indonesia | Meet, Share & Discuss |



Thread Closed 
 
Thread Rating:
  • 0 Votes - 0 Average
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
 
Malam 1 Suro, Istana Mangkunegaran Kirabkan Pusaka
 
Share to: Facebook Twitter StumbleUpon Send
 to Google Buzz Send to LinkedIn
Author Message
cancuter Offline
๑۩۩»»ÉÖcer's««۩۩๑
EOcer's

Posts: 273
Joined: Oct 2010
Reputation: 117
  

 
Post: #1
Malam 1 Suro, Istana Mangkunegaran Kirabkan Pusaka
[Image: macet.jpg]

Jakarta - Istana Mangkunegaran Solo, Senin (6/12/2010) malam, menggelar tradisi tahunan menyambut malam 1 Suro. Rangkaian peringatan malam 1 suro dilakukan dengan menggelar kirab pusaka mengelilingi tembok istana Mangkunegaran.

Upacara kirab pusaka dilepas langsung oleh pemangku Istana Mangkunegaran, KGPAA Mangkunegor IX, di pringgitan istana. Rombongan berangkat melakukan kirab Senin malam sekitar pukul 19.30 WIB. Selanjutnya mereka mengelilingi tembok istana membawa pusaka dengan berjalan searah jarum jam.

Ada lima buah pusaka yang dikirabkan, empat diantara berupa pusaka jenis tombak dan satu pusaka lainnya tidak kelihatan bentuknya karena ditempatkan dan disusung di atas joli atau tandu tertutup. Setelah mengelilingi tembok istana sekali putaran, rombongan abdi dalem peserta kirab kembali memasuki istana untuk mengembalikan pusaka ke dalam istana.

Meskipun Kota Solo dan sekitarnya diguyur hujan sejak siang, namun ribuan warga tetap datang untuk menyaksikan dan terlibat dalam acara tradisi tersebut. Bahkan pada saat pelaksanaan kirab, banyak warga menunggu kirab melewatinya, meskipun gerimis mengguyur mereka.

Bahkan sesaat setelah rombongan kirab berangkat, ratusan orang terlihat berebut air untuk membasuh muka dengan air yang ditampung di dalam drum. Mereka meyakini air yang telah didoakan itu memiliki tuah tersebut. Tak sedikit pula yang menyimpannya di dalam botol untuk dibawa pulang.

Sementara itu, Kraton Kasunanan Surakarta baru akan melaksanakan ritual kirab pusaka pada Selasa (7/12) malam. Seperti telah diberitakan sebelumnya, Kraton Surakarta menetapkan 1 Suro tahun ini jatuh pada hari Rabu, tanggal 8 Desember 2010. Untuk itu pelaksanaan kirab pusaka malam 1 Suro akan dilaksanakan pada Selasa (7/12) malam.

Dalam penetapan 1 Suro tersebut, pihak kraton menggunakan penanggalan atau kalender internal kraton yang dibuat oleh Sultan Agung Hanyokrokusumo, raja Mataram yang merupakan cikal bakal dinasti Kasunanan Surakarta dan Istana Mangkunegaran di Solo serta Kasultanan Yogyakarta dan Istana Paku Alaman di Yogyakarta.

detiknews.com


12-07-2010 01:16 PM
Find all posts by this user

Thread Closed 


Possibly Related Threads...
Thread: Author Replies: Views: Last Post
  Keris Pusaka di Gunung Tidak Dicuri nozomi.ryota 2 1,605 10-27-2011 11:54 AM
Last Post: delvis66