EO Community : Komunitas Event Organizer Indonesia | Meet, Share & Discuss |



Post Reply 
 
Thread Rating:
  • 0 Votes - 0 Average
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
 
Kerajinan Bros Dari sisik ikan yang bernilai jual
 
Share to: Facebook Twitter StumbleUpon Send
 to Google Buzz Send to LinkedIn
Author Message
Gogol_HT Offline
๑۩۩»»ÉÖÇ««۩۩๑
*

Posts: 14,335
Joined: Oct 2010
Reputation: 4899
  

 
Post: #1
Kerajinan Bros Dari sisik ikan yang bernilai jual
Bau amis pada limbah sisik ikan tentu membuat orang enggan untuk mendekati apalagi mengambil untuk dimanfaatkan. Namun itu tidak berlaku bagi Novie Indah Husniah, dengan inovasi dan kreativitasnya sisik ikan kakap yang menjadi limbah di pinggiran laut dan kawasan perlelangan ikan di Sidoarjo, Jawa Timur dapat disulap menjadi Kerajinan Bros yang bernilai tinggi. Berkat bros sisik ikan ini pula mengantarkan Novie menjadi salah satu Finalis Micro-Entrepreneurship Award (CMA) 2010.


Pada awalnya ide membuat kerajinan bros sisik ikan ini diawali pada saat Novie menginjak hamparan limbah sisik ikan yang mengotori pinggir pantai. Sisik ikan berukuran 3 cm ini berwarna putih, berlendir dan berbau amnis. Sekilas mirip kelopak bunga, dalam pandangan Novie. Dari situlah ia membawa pulang satu karung sisik ikan dan diubahnya menjadi benda cantik bernilai ekonomi yang dikenakan perempuan sebagai penghias pakaian.

Proses membuat kerajinan bros sisik ikan tidaklah mudah dan sekali jadi, seringkali ia mengalami kegagalan namun tak pernah berhenti untuk mencoba.

Meski sempat merasa tak percaya diri, Novie tak menyerah dan terus mencari solusi. Berkonsultasi dan memperkaya diri dengan berbagai ilmu kerajinan melalui buku maupun internet adalah cara yang dipilihnya. Sarjana Pendidikan dari Fakultas Teknik Jurusan Pendidikan Tata Busana Universitas Negeri Surabaya ini juga berdiskusi dengan dosen mengenai niatnya membangun usaha bros dari sisik ikan kakap.

Dalam satu tahun, bisnis kerajinan bros sisik ikan milik Novie mengalami kemajuan baik dari produksi maupun manajemen bisnis dan pengrajin. Usaha Novie yang menggunakan merek Vay Craft berhasil memproduksi sekitar 40 bros setiap bulan dengan modal awal Rp 1,3 juta. Novie mempekerjakan lima karyawan tetap yang menyelesaikan produksi di rumah masing-masing.

Kekhawatiran Novie saat awal hendak memulai usaha, terkait pasar, juga terbantahkan. Vay Craft mendapatkan langganan yang kebanyakan adalah perias pengantin. Produk bros sisik ikan Novie juga berkembang menjadi hiasan rambut untuk sanggul pengantin. Pelanggan lain yang berhasil digaet Novie adalah toko suvenir dan kerajinan di Sidoarjo dan Surabaya


09-12-2012 04:38 PM
Find all posts by this user Quote this message in a reply

Post Reply 


Possibly Related Threads...
Thread: Author Replies: Views: Last Post
  Contoh contoh Kerajinan dari limbah koran yg bernilai jual Gogol_HT 9 47,103 11-09-2016 02:19 PM
Last Post: Lematang
  Tutorial cara membuat kerajinan tangan dari stik es krim FOTO + VIDEO Gogol_HT 10 190,000 09-17-2016 02:27 PM
Last Post: yogayo
  Cara Membuat kerajinan Unik dari CD bekas Gogol_HT 11 59,833 09-17-2016 02:25 PM
Last Post: yogayo
  Membuat Aksesoris Batok Kelapa yang bernilai jual Gogol_HT 7 7,523 09-17-2016 02:24 PM
Last Post: yogayo