EO Community : Komunitas Event Organizer Indonesia | Meet, Share & Discuss |



Post Reply 
 
Thread Rating:
  • 1 Votes - 5 Average
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
 
Ini Dia 11 Pria Penghalang Indonesia ke Final
 
Share to: Facebook Twitter StumbleUpon Send
 to Google Buzz Send to LinkedIn
Author Message
cancuter Offline
๑۩۩»»ÉÖcer's««۩۩๑
EOcer's

Posts: 273
Joined: Oct 2010
Reputation: 117
  

 
Post: #1
Star Ini Dia 11 Pria Penghalang Indonesia ke Final
Dari sebelas pemain, delapan pemain naturalisasi yang pernah merumput di Eropa.
[Image: 101274_timnas-filipina-rayakan-kemenangan_300_225.jpg]

VIVAnews - Filipina tampil mengejutkan dalam laga kompetisi sepakbola paling bergengsi se Asia Tenggara, Piala AFF Suzuki 2010. The Azkals - julukan timnas Filipina- berhasil mengalahkan juara bertahan Vietnam dan menahan seri Singapura. Untuk pertama kali sejak Piala AFF digelar, Filipina masuk semifinal.

Timnas asuhan pelatih muda SImon McMenemy ini berhasil lolos ke babak empat besar setelah menjadi Runner Up Grup B. Suatu prestasi membanggakan buat Filipina yang sebelumnya tidak diunggulkan untuk lolos dari Grup B bersama Vietnam, Singapura, dan Myanmar.

Namun Filipina yang sekarang berbeda dengan Filipina yang dikalahkan Indonesia 13-1 di Piala AFF 2002 lalu. The Azkals yang sekarang mendapat banyak suntikan pemain-pemain asing yang dinaturalisasi oleh Filipina.

Kombinasi pemain asing dan lokal ini akhirnya bertemu Indonesia di semifinal pertama Kamis 16 Desember 2010. Tidak disangka, Phil Younghusband dan kawan-kawan tidak tertekan dengan raung dukungan 80 ribu suporter Indonesia yang memenuhi Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta.

Prediksi awal, Filipina akan sulit berkembang. Sama dengan lawan-lawan Indonesia di penyisihan Grup A sebelumnya. Sebelas pemain Filipina seakan 'kebal' pada rongrongan 80 ribu suporter Merah Putih. Pengalaman bertanding di laga internasional tampaknya membuat para pemain tidak demam panggung. Siapa saja mereka dan apa pengalaman sebelas pemain Filipina ini. Berikut gambaran singkat untuk mengetahui profil mereka.

1.Kiper Neil Leonard Dula

Bernama lengkap Neil Leonard Dula Etheridge, kiper muda kelahiran 7 Februari 1990 ini memiliki darah Inggris-Filipia. Etheridge yang sempat berposisi sebagai striker sudah bergabung dengan klub lokal di London sejak usia sembilan tahun.
[Image: 101180_kiper-tim-nasional-filipina--neil...-kiri-.jpg]
Bahkan di tahun 2003, pemain bertinggi 191 cm ini bergabung di Akademi Chelsea. Di sinilah dia bertemu dengan kakak-beradik James dan Phil Younghusband yang akhirnya juga membela Filipina.
Kiper tim nasional Filipina, Neil Etheridge (kiri)
Lima tahun kemudian Etheridge bergabung dengan Fulham sebelum dipinjamkan ke Leatherhead. Namun setahun sebelumnya, tepat di tahun 2007, Etheridge sempat menolak pinangan Federasi Sepakbola Filipina (PFF) untuk membela negara kelahiran ibunya. Sesudah mematangkan berbagai pertimbangn, mantan striker ini pun akhirnya membela The Azkals.

2. Robert James Dazo Gier

Sama seperti Etheridge, Gier pun memiliki darah campuran Inggris-Filipina. Dalam kurun waktu 2000-2009, pria 30 tahun ini sudah tujuh kali berganti klub di Inggris. Penampilan terbanyaknya dicatat bersama Rushden & Diamonds dengan 67 kali kali merumput.
[Image: 101636_robert-james-dazo-gier.jpg]
Robert James Dazo Gier
Gier dipanggil membela The Azkals pertama kali di tahun 2009 untuk Kualifikasi Piala AFF 2010. Debut pemain bertinggi 178 cm ini bersama Filipina tercatat pada 14 April 2009 melawan Bhutan.

3.Anton Edward
Dengan nama lengkap Anton Edward Quimson del Rosario, pemain ini lahir 28 tahun lalu di San Fransisco, California, Amerika Serikat. Del Rosario merupakan pemain campuran AS-Filipina yang menghabiskan beberapa tahun di masa mudanya di Filipina.
[Image: 101637_anton-edward.jpg]
Anton Edward

Kecintaannya pada sepakbola dan Filipina membuat namanya masuk timnas sejak tahun 2000. Sayangnya debut Edward baru terjadi empat tahun kemudian saat melawan Myanmar. Sebagai bek kanan, del Rosario baru mencetak gol pertamanya di tahun 2007 lewat tendangan bebas dari jarak 30 yard saat melawan Brunei Darusalam.

4. Roel Jimena Gener
Gener merupakan pemain yang membela angkatan bersenjata Filipina dan merupakan salah satu yang tertua di kompetisi AFF 2010. Usia Gener sudah masuk 36 tahun dan kemungkinan ini adalah kompetisi internasional terakhirnya bersama The Azkals.
[Image: 101647_roel-jimena-gener.JPG]
Roel Jimena Gener

5.Jason Nicolas Mari Dantes de Jong
De Jong merupakan pemain yang menghabiskan karir profesionalnya bersama klub asal Belgia dan Belanda. Klub yang saat ini dibelanya, Veendam, mendatangkan de Jong dari klub Divisi Dua Belgia, Turnhout.

Dengan darah campuran Belanda-Filipina, de Jong sebenarnya ditawari membela Belanda U-19. Namun gelandang 20 tahun ini menolak dan memilih Filipina sebagai negara yang dibelanya. Uniknya, de Jong bukan cuma membela timnas sepakbola, tapi juga tim futsal Filipina.

6.James Younghusband

Inilah kakak dari striker Phil Younghusband. Keduanya hanya berbeda setahun, dengan James yang lebih tua. James Joseph Placer Younghusband merupakan gelandang keturunan Inggris-Filipina.
[Image: 101569_hamka-hamsah-berebut-bola-dengan-...usband.jpg]
Hamka Hamsah berebut bola dengan pemain Filipina James Younghusband

Dari semua pemain The Azkals, Younghusband bersaudara merupakan yang paling pengalaman di sepakbola Eropa. James sudah menerima beasiswa dari Chelsea di usia 10 tahun. Namanya bahkan tampil di beberapa pertandingan tim junior The Blues.

Namun ketika promosi ke tim senior pada tahun 2005, James tidak pernah turun dalam satu pertandingan pun. Sesudah itu dia berpindah-pinda ke Wimbledon, Staines Town, Woking, dan Farnborough.

7.Nestorio Junior Braga Margarese
Margarese merupakan pemain yang hampir sama uzurnya dengan Gener. Usianya sudah masuk 34 tahun dan membela angkatan bersenjata Filipina. Dengan tinggi 168 cm dan berat 54 kg, Margarese merupakan gelandang ideal yang cukup merepotkan.

[Image: 101274_timnas-filipina-rayakan-kemenangan.jpg]
Timnas Filipina rayakan kemenangan


8.Ian Bayona Araneta
Araneta merupakan saksi hidup ketika Filipina dipermalukan Indonesia 13-1 di Piala AFF 2002. Saat itu striker yang bisa turun jadi gelandang ini masih berusia 20 tahun. Araneta masuk sebagai pemain pengganti saat kedudukan 9-0 untuk tim Merah Putih.
[Image: 101641_ian-beyona-araneta.JPG]
Ian Beyona Araneta

Sebelum leg pertama berlangsung Kamis kemarin, Araneta sudah menegaskan niatnya membalas dendam pada Indonesia.

9.Ray Anthony Pepito Jonsson
Bek kiri berusia 31 tahun itu merupakan pemain berdarah campuran Filipina-Islandia. Jonsson bahkan sempat memperkuat tim U-21 Islandia pada 2001, namun tak mendapat panggilan di timnas senior negara tersebut.

Jonsson pun tak mau menyia-nyiakan tawaran Federasi Sepakbola Filipina (PFF). Pemain yang berlaga bersama Völsungur itu setuju untuk memperkuat Filipina melewati kualifikasi Piala AFF 2010.
[Image: 101638_ray-anthony-pepito-jonsson.jpg]
Ray Anthony Pepito Jonsson

Debut di Timnas Filipina pemain Grindavik, klub Premier League Islandia ini terjadi saat menghadapi Macau pada 12 Oktober 2010. Dalam pertandingan itu, Jonsson sukses mengawal pertahanan Filipina tak kebobolan dan menang 5-0.

10.Christopher Greatwich
Bernama lengkap Christopher Robert Barbon "Chris" Greatwich, pemain ini memiliki darah campuran Inggris-Filipina. Greatwich pernah merasakan sukses di Inggris saat membela Brighton and Hove Albion dengan lolos ke Final Piala FA Youth Cup di tahun 2002.

Bukan cuma dia yang mewakili marga Greatwich di timnas Filipina. Sebab ada dua saudara kandungnya Philip dan Simon Greatwich yang juga masuk skuad The Azkals. Sayangnya, hanya Chris yang dipanggil untuk Piala AFF 2010.
[Image: 101640_christhoper.JPG]
Christhoper

Chris juga mencatat keunikan sendiri karena jadi pemain aktif yang berstatus pelatih. Ya, Chris merupakan arsitek tim muda Morris County Colonials U20 di New jersey, Amerika Serikat.

11.Philip Younghusband
Saudara laki-laki dari James Younghusband ini bernama lengkap Philip James Placer "Phil" Younghusband. James dan Phil menjadi fenomena ketika berhadapan dengan Indonesia di leg pertama Kamis lalu.
[Image: 101567_pemain-filipina-philip-younghusba...onesia.jpg]
Pemain Filipina Philip Younghusband berusaha melewati pertahanan Indonesia

Bukan cuma karena permainan impresif mereka tapi juga karena kesempurnaan fisik keduanya. Tampan dan atletis, membuat kedua kakak beradik ini tak hentinya dielukan para penonton wanita.


• VIVAnews


12-18-2010 03:55 AM
Find all posts by this user Quote this message in a reply

Post Reply 


Possibly Related Threads...
Thread: Author Replies: Views: Last Post
  Final Sepak Bola SEA Games 2011: Malaysia Kalahkan Indonesia lewat Adu Pinalti RezKrokolatoz 1 2,370 11-22-2011 01:12 PM
Last Post: stevan
  Wae Wa E O : Final Sepak Bola Sea Games, Indonesia vs Malaysia embanun 3 2,672 11-21-2011 04:42 PM
Last Post: Sherlock_Holmes
  Cuplikan video Indonesia VS Malaysia Final leg 2 Gogol_HT 0 1,068 12-29-2010 10:49 PM
Last Post: Gogol_HT
  Hasil Ramalan Indonesia Vs Malaysia Final AFF 2010 Leg 2 Menurut Gudel Gurita ocim 0 1,314 12-29-2010 02:57 AM
Last Post: ocim