EO Community : Komunitas Event Organizer Indonesia | Meet, Share & Discuss |



Post Reply 
 
Thread Rating:
  • 1 Votes - 2 Average
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
 
Foto Polisi Arahkan Pistol ke Mahasiswa
 
Share to: Facebook Twitter StumbleUpon Send
 to Google Buzz Send to LinkedIn
Author Message
copilot Offline
๑۩۩»»ÉÖcer's««۩۩๑
EOcer's

Posts: 47
Joined: Oct 2010
Reputation: 2
  

 
Post: #1
Thumbs Down Foto Polisi Arahkan Pistol ke Mahasiswa
[Image: 0356534620X310.jpg]
Polisi berpakaian preman mengarahkan revolvernya ke massa aksi bukan ke atas saat menangani demonstrasi mahasiswa di JL Diponegoro, Jakarta, Rabu (20/10/2010).

JAKARTA, KOMPAS.com - Seorang mahasiswa tertambak saat berdemonstrasi di Jl Diponegoro, Jakarta, Rabu (20/10/2010) lalu. Mahasiswa itu bernama Farel dari Universitas Bung Karno angkatan 2008.

Betis kiri Farel tertembus peluru dan hingga kini dirawat di RS dr Cipto Mangunkusumo, Jakarta. Fotografer Tribunnews.com, Herudin sempat mengabadikan momen bentrok antara polisi dan mahasiswa ini.

Ada beberapa gambar yang menunjukkan saat seorang polisi berpakaian preman melepaskan tembakan dari revolvernya.

Seorang polisi tak berseragam tampak mengarahkan revolvernya ke massa aksi. Berbeda dengan polisi lainnya yang mengarahkan senjata ke atas. Oknum polisi itu tampak muda. Diduga berasal dari unit intelijen atau reserse dan kriminal.

Polri mengaku sudah memeriksa delapan anggotanya. Belum diketahui apakah anggota polisi ini termasuk yang diperiksa Propam.

Penembakan Diduga Melanggar HAM

[Image: 1917185620X310.jpg]
Polisi menangkap mahasiswa yang berunjuk rasa mendesak mundurnya Presiden Susilo Bambang Yudhoyono di Jalan Diponegoro, Jakarta Pusat, Rabu (20/10/2010). Dua aktivis mahasiswa ditangkap polisi sedangkan satu mahasiswa mengalami luka tembak di bagian kaki.

JAKARTA, KOMPAS.com — Komisi untuk Orang Hilang dan Korban Tindak Kekerasan menduga ada pelanggaran hak asasi manusia dalam aksi penembakan mahasiswa Universitas Bung Karno oleh polisi saat mahasiswa menggelar aksi setahun pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan Wakil Presiden Boediono di Jalan Diponegoro, Rabu (20/10/2010) kemarin.

"Ada dugaan pelanggaran HAM karena kemarin saya lihat polisi ditimpuki batu dua menit, tidak terlalu lama. Kalau tidak mampu seharusnya mundur, bukan balas dengan senjata api," ujar Koordinator Komisi untuk Orang Hilang dan Korban Tindak Kekerasan (Kontras) Haris Azhar dalam sebuah perbincangan, Jakarta, Kamis.

Melihat tindakan polisi yang dinilai berlebihan tersebut, Kontras, kata Haris, akan melaporkan peristiwa penembakan itu kepada Divisi Profesi dan Pengamanan (Propam) Polri segera. "Kalau tidak nanti siang, besok kami akan melapor," katanya.

Tindakan polisi yang melepaskan peluru ke arah mahasiswa yang mulai ricuh, menurut Haris, terlalu berlebihan dan reaksional. Hal tersebut menunjukkan bahwa aparat kepolisian tidak profesional dan tidak memiliki kemampuan emosional yang baik.

Penggunaan senjata, kata Haris, seharusnya dipakai jika polisi sudah tidak mampu lagi mundur, mempertahankan diri dari aksi mahasiswa. "Kalau terdesak seharusnya polisi bisa mundur. Kecuali memang tidak bisa mundur lagi, tetapi kan kemarin, jalanan luas, masih bisa mundur. Tidak boleh membalas kekerasan dengan kekerasan," kata Haris.

Haris juga mengatakan, pihaknya akan mengawal tindak lanjut dari aksi penembakan oleh polisi yang melukai kaki kanan mahasiswa Universitas Bung Karno itu. "Kalau saat ini kami masih menunggu kabar pengangkatan proyektil peluru. Kami khawatir soal proyektil akan ditahan pihak rumah sakit, kami sedang cari solusinya supaya bisa terkawal terus," imbuhnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, seorang mahasiswa Universitas Bung Karno, Farel Restu, tertembak kaki kanannya saat beraksi di Jalan Diponegoro, Jakarta Pusat, persis sebelah kantor Yayasan Lembaga Bantuan Hukum Indonesia atau YLBHI. Farel kemudian dibawa ke Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo dan menjalani operasi pengangkatan peluru. Pihak kepolisian Resor Jakarta Pusat berjanji menanggung biaya pengobatan Farel dan telah meminta maaf kepada mahasiswa atas kejadian tersebut.


10-22-2010 09:46 AM
Find all posts by this user Quote this message in a reply

Post Reply 


Possibly Related Threads...
Thread: Author Replies: Views: Last Post
  Polisi tembak Polisi tepat di dahi Pradukun 3 1,831 01-29-2012 02:54 PM
Last Post: walangsangit
  Pemilik Pajero Berisi Pistol Hanya Dimintai Keterangannya Polisi walangsangit 0 968 07-26-2011 09:13 PM
Last Post: walangsangit
  Ada Kekuatan yang Arahkan Penangkapan Wafid Muharam RezKrokolatoz 0 706 05-18-2011 06:35 PM
Last Post: RezKrokolatoz
  Pilih Mana, Polisi Joget atau Polisi Angker Gogol_HT 3 1,433 04-06-2011 09:45 AM
Last Post: eocfans