EO Community : Komunitas Event Organizer Indonesia | Meet, Share & Discuss |



Thread Closed 
 
Thread Rating:
  • 1 Votes - 5 Average
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
 
Evakuasi Korban Merapi Terkendala Hujan Abu Panas
 
Share to: Facebook Twitter StumbleUpon Send
 to Google Buzz Send to LinkedIn
Author Message
EndangDilaga Offline
๑۩۩»»ÉÖcer's««۩۩๑
EOcer's

Posts: 237
Joined: Oct 2010
Reputation: 24
  

 
Post: #1
Evakuasi Korban Merapi Terkendala Hujan Abu Panas
[Image: viewphoto.php?id=57582281&mode=1]

YOGYAKARTA, Manycome.com - Upaya evakuasi terhadap korban awan panas Gunung Merapi, Selasa (26/10) malam, terkendalahujan abu vulkanik yang pekat dan panas yang masih menyelimuti Kawasan Rawan Bencana III.

“Kawasan Rawan Bencana (KRB) III meliputi wilayah Kecamatan Cangkringan, Pakem dan Turi Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta,” kata petugas tim penolong dari Korem 072/Pamungkas, Letkol Beni Nugroho di Posko Utama Penanggulangan Bencana Alam Gunung Merapi di Pakem, Kabupaten Sleman.

Ia mengatakan upaya evakuasi oleh tim penolong baru bisa mencapai wilayah paling tinggi yaitu di kawasan pintu gerbang objek wisata Kaliurang atau 10 kilometer dari puncak Gunung Merapi, sehingga untuk KRB III belum dapat ditembus oleh petugas tim penolong. “Saat ini kami tengah mengupayakan lampu penerangan maupun lampu sorot karena listrik PLN di kawasan tersebut padam sehingga kondisinya gelap gulita,” katanya.

Menurut dia, kemungkinan upaya evakuasi terhadap korban lainnya yang ada di KRB III akan dilakukan jika hujan abu vulkanik mereda. Jumlah korban awan panas hingga Selasa pukul 20.00 WIB tercatat 15 orang, sebagian besar warga beberapa desa di Kecamatan Cangkringan, kawasan selatan kaki gunung ini.

Sejumlah ambulans tampak masih hilir membawa korban ke Rumah Sakit Panti Nugroho, Pakem dan bagi mereka yang luka parah dirujuk langsung ke RS dr Sardjito Yogyakarta.

Sebagian besar pengungsi di barak pengungsian Umbulharjo, Kecamatan Cangkringan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, memakai masker untuk melindungi hidung dan mulut dariabu material vulkanik Gunung Merapi.

Selain itu, petugas kesehatan, tim SAR, tim evakuasi, danrelawan yang membantu para pengungsi juga memakai masker untukmelindungi hidung dan mulut. “Masker tersebut dibagikan secara gratis, baik kepada para pengungsi maupun petugas,” kata Kepala Desa Umbulharjo Bejo Mulyo.

Para pengungsi dan petugas memakai masker karena abu material vulkanik Gunung Merapi cukup banyak di udara. Pakaian yang melekatdi tubuh dan kepala mereka tampak dipenuhi abu. “Oleh karena itu,kalangan pengungsi memakai masker agar abu vulkanik Gunung Merapitidak masuk ke dalam hidung dan mulut. Jika sampai masuk hidung da nmulut tentunya dapat menganggu pernapasan,” katanya.

Kondisi yang sama juga tampak di barak pengungsian Hargobinangun, Kecamatan Pakem, Selam. Sebagian besar pengungsi danpetugas juga memakai masker pelindung hidung dan mulut.

Sebelumnya, Kepala Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi Badan Geologi Surono mengatakan Gunung Merapi yang merupakan gunung berapi teraktif di Indonesia, Selasa petang, mengeluarkan awan panas yang tercatat sejak pukul 17.02 WIB.”Sejak pukul 17.02 WIB hingga pukul 17.34 WIB terjadi empat kali awan panas dan sampai sekarang awan panas terus muncul susul menyusul tidak berhenti,” katanya.

Menurut dia, pada pukul 18.00 WIB terdengar letusan sebanya ktiga kali yang terdengar dari Pos Jrakah dan Pos Selo yang disusul dengan asap membumbung setinggi 1,5 kilometer mengarah ke selatan.”Tipe letusan Merapi dipastikan eksplosif,” katanya.


10-27-2010 10:46 AM
Find all posts by this user

Thread Closed 


Possibly Related Threads...
Thread: Author Replies: Views: Last Post
  Pagi Ini Evakuasi Korban Longsor Wonosobo Dilanjutkan Gogol_HT 0 967 12-19-2011 07:54 AM
Last Post: Gogol_HT
  Selter Korban Merapi Siap Dihuni Maret Mendatang RezKrokolatoz 0 627 02-21-2011 01:12 PM
Last Post: RezKrokolatoz
  Liput Evakuasi Casa, Wartawati Kesurupan RezKrokolatoz 0 884 02-14-2011 04:07 PM
Last Post: RezKrokolatoz
  Evakuasi Pilot Cassa Masih Berlangsung RezKrokolatoz 0 702 02-13-2011 01:24 PM
Last Post: RezKrokolatoz