EO Community : Komunitas Event Organizer Indonesia | Meet, Share & Discuss |



Post Reply 
 
Thread Rating:
  • 1 Votes - 4 Average
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
 
Drybox murah meriah… BIKIN SENDIRI AJA GAN
 
Share to: Facebook Twitter StumbleUpon Send
 to Google Buzz Send to LinkedIn
Author Message
Gogol_HT Offline
๑۩۩»»ÉÖÇ««۩۩๑
*

Posts: 14,335
Joined: Oct 2010
Reputation: 4899
  

 
Post: #1
Thumbs Up Drybox murah meriah… BIKIN SENDIRI AJA GAN
Berawal dari keresahan hati jika sang ‘istri’ diserang penyakit. Weitz…jangan salah, yang ta’ maksud ‘istri’ tu kameraQ. Punya kamera tu ya mestinya dirawat kan, biar ga’ rusak. Kondisi cuaca sperti suhu ama tingkat kelembaban sangat berpengaruh sama ‘kesehatan’ kamera, terutama lensa. Hati-hati kalo musim dingin, udara yang lembab bikin jamur gampang banget tumbuh. Jangan salah…..jamur bisa tumbuh juga lho di lensa!

[Image: drybox-mahal1.jpg?w=400&h=140]

Biasanya orang pada nyimpen kamera dan segala aksesorisnya di ‘Drybox’, tapi mungkin cuma orang yang berduit aja yang pake drybox. Maklum harganya mahal. Drybox plastik untuk ukuran yang kecil aja 200 ribu, yang gedhe 675 ribu. Belom drybox yang model kaya’ brankas, atau emang brankas ya itu…..mahal banget pasti. Emang sih, feature2-nya keren, ada sensor kelembabannya, lampu indicator, banyak deh…. Tapi buat yang pengen hemat, ni ada tips dari aQ yang mungkin berguna. Bikin drybox dari Tupperware…

1. Pertama-tama tu persiapan (masa’ pemanasan, emang mo senam…?!)

Kita siapin dulu bahan-bahannya: tupperware, silica gel, bohlam lampu 5 watt, kabel, stacker (colokan). Untuk masalah tupperware tu menyesuaikan aja ma kebutuhan, yang lebih logis lagi…menyesuaikan ‘isi dompet’! Tapi kalo bisa yang ukurannya sedengan buat dipasangi lampu.

Sebenernya bisa juga kalo cuma tupperware terus dikasih silica gel buat nyerap kelembabannya, tapi kadang di kondisi cuaca yang dingin dibutuhkan sedikit penghangat. Ya…sekedar antisipasi aja.

Untuk silica gel nya bisa beli di toko, banyak koq yang jual. Kalo pengen irit ya sempetin buat nyari2 di dalam kardus kaya’ kardus sepatu atau apa lah. Kalo aQ dapet dari kardus ‘casing CPU’. Buat lampunya, sebenernya disesuaiin juga ama kotaknya. Kalo besar ya bisa pake yang 10 watt, kalo cuma sedengan ya 5 watt aja. Taku2 kalo terlalu panas malah ngerusak sensor atau coating lensa/ filter.

[Image: 12.jpg?w=355&h=300]
2. Tahap pemasangan (inti…)

Pertama-tama lubangi tutup tupperware-nya buat masuk kabelnya. Trus tinggal pasang lampu ma stacker-nya. Masalah pemasangannya ga’ perlu dijelasin, pasti dah pada ngerti. Kalo pengen tambah enak, bisa dikasi saklar biar ga’ perlu nyolok2in terus. Sebenernya sebagai anak Elins, bisa aja ta’ modif dengan nambahin saklar otomatis pake mikrokontroller atau ditambah LCD buat nampilin suhu ama kelembaban yang dari sensor yang dah dipasang di dalemnya. Tapi ga’ usah lah, selaen ga’ pengen dikira sombong, sebenernya ilmuQ belom sampe situ…. Wahaha…

[Image: 22.jpg?w=300&h=335]

3. Tahap pendinginan (lha…malah senam beneran to…!?!)

Ya…tinggal dimasukin barang2nya (kamera, lensa, dll), masukin juga silica gel-nya, trus ditutup deh. Colokin stacker-nya, nyala deh… Taruh di tempat yang ga terlalu lembab. Lampu ga’ perlu dinyalain terus2an, tar malah kepanasan. Seperlunya aja….

[Image: 32.jpg?w=300&h=344]

Hehe…jadi deh drybox-nya. Mungkin dah banyak yang bikin kaya’ gini, karena berbagai alas an. Jujur wae, kalo aQ ya gara2 ga punya duit buat beli drybox yang beneran. Semoga bermanfaat aja deh…

Sekian senam kali ini, sampe jumpa minggu depan!!! (halah…)

sumber
anakkamera


10-23-2010 04:20 PM
Find all posts by this user Quote this message in a reply

Post Reply