EO Community : Komunitas Event Organizer Indonesia | Meet, Share & Discuss |



Post Reply 
 
Thread Rating:
  • 0 Votes - 0 Average
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
 
DIY Siap Kibarkan Bendera Keraton
 
Share to: Facebook Twitter StumbleUpon Send
 to Google Buzz Send to LinkedIn
Author Message
Event_Organizer_Ind Offline
๑۩۩»»ÉÖcer's««۩۩๑
EOcer's

Posts: 204
Joined: Oct 2010
Reputation: 5
  

 
Post: #1
DIY Siap Kibarkan Bendera Keraton
Dalam maklumat dinyatakan kepala pemerintahan di DIY dijabat Sri Sultan HB dan Paku Alam.


[Image: 98615_keraton-yogyakarta_300_225.jpg]
VIVAnews - Paguyuban Dukuh (Pandu) Kabupaten Bantul dan Gerakan Rakyat Yogyakarta siap melakukan cap jempol darah sebagai bentuk dukungan terhadap keistimewaan Yogyakarta.

"Gerakan ini akan melibatkan ratusan perangkat desa khususnya kepada dusun atau kadus serta nantinya diikuti oleh masyarakat yang tak ingin keistimewaan Yogyakarta dihilangkan," kata Sulistyo Admojo, Ketua Paguyuban Duku (Pandu) Kabupaten Bantul, sekaligus Sekretaris Gerakan Rakyat Yogyakarta, Jumat 10 Desember 2010

Menurut Sulistyo, gerakan ini menandakan masyarakat Yogyakarta siap berkorban untuk keistimewaan. Jika gerakan ini tidak lagi didengar oleh pemerintah, maka sudah jelas niat dari pemerintah memang menghilangkan keistimewaan Yogyakarta yang telah diakui dan dilindungi dalam UUD 1945, pasal 18 huruf B.

"Kalau memang masih ngotot dengan pemilihan berarti jelas sudah pemerintah ingin bercerai dengan Yogyakarta dan tidak mengakui ijab qabul antara Sri Sultan HB IX dan Paku Alam VIII dengan Soekarno," jelasnya.

Sulistyo menjelaskan, ijab qabul itu sudah termuat dalam Maklumat 5 September 1945. Dalam maklumat itu dinyatakan bahwa kepala pemerintahan di DIY dijabat Sri Sultan Hamengku Buwono dan Adipati Paku Alam yang bertahta.

Pandu, kata Sulis, dalam waktu dekat ini juga akan mengibarkan ribuan bendera keraton Yogyakarta dan Pakualaman di berbagai wilayah di DIY dengan dimulai dari wilayah Kabupaten Bantul. "Bendera keraton Yogyakarta dan Paku Alaman akan kita kibarkan di sepanjang jalan utama masuk wilayah Yogyakarta dan juga jalan utama menuju kabupaten-kota di DIY ini," ujarnya.

Pengibaran bendera keraton Yogyakarta ini telah dimulai di wilayah Kabupaten Gunungkidul dan nantinya akan menyusul kabupaten kota lainnya di DIY.

"Ini pesan bagi SBY untuk tidak main-main dengan keistimewaan di DIY. Pemerintah sebaiknya mengikuti apa yang menjadi keinginan masyarakat Yogyakarta dengan penetapan untuk jabatan gubernur dan wakil gubernur DIY. Jika tidak maka pemerintah telah menanam bibit permusuhan kepada rakyat Yogyakarta dan kita siap memberikan perlawanan," ujarnya.

Laporan: Juna Sanbawa | Yogyakarta, umi
• VIVAnews


12-10-2010 09:58 AM
Find all posts by this user Quote this message in a reply

Post Reply 


Possibly Related Threads...
Thread: Author Replies: Views: Last Post
  Sebut Keraton Yogya 'Kera', George Aditjondro Harus Minta Maaf dalam 2x24 Jam Pradukun 0 1,496 12-01-2011 06:57 PM
Last Post: Pradukun
  'Royal wedding' keraton Yogya dimulai black_roses 7 3,859 10-19-2011 04:07 AM
Last Post: black_roses
  28 Instansi Siap-siap Terima Tunjangan upinipin 0 719 02-20-2011 07:05 AM
Last Post: upinipin
Information Keraton Yogya Cek Silang Ciri Mbah Maridjan EndangDilaga 0 1,106 10-27-2010 10:56 AM
Last Post: EndangDilaga