EO Community : Komunitas Event Organizer Indonesia | Meet, Share & Discuss |


Post Reply 
 
Thread Rating:
  • 1 Votes - 5 Average
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
 
Contoh contoh kerudung Cepol dan hadist yang mengharamkanya
 
Share to: Facebook Twitter StumbleUpon Send
 to Google Buzz Send to LinkedIn
Author Message
Gogol_HT Offline
๑۩۩»»ÉÖÇ««۩۩๑
*

Posts: 14,297
Joined: Oct 2010
Reputation: 4895
  




 
Post: #1
Contoh contoh kerudung Cepol dan hadist yang mengharamkanya
setiap wanita pastilah ingin terlihat cantik di depan org banyak, terutama kepada kaum pria, namun Akhir akhir ini ada fenomena pemakaian hijab/kerudung oleh wanita di Indonesia yaitu dengan membuat gelungan tinggi seperti punuk unta diatas kepala lalu menutupnya denganhijab/kerudung. Sehingga nampak gelungan rambut yang menonjol dan sebagian orang berpendapat membuat wanita yang berjilbab lebih anggun. Sanggul itu menyerupai gelungan yang sangat tinggi yang memperlihatkan bahwa si pemakai kerudung memiliki rambut yang panjang. Sebenarnya pemakaian jilbab sanggul seperti ini diperbolehkan atau tidak dalam syariat islam? Ada sebagaian yang menganggap haram dan ada yang menganggap tidak apa-apa. Kenapa haram karena model seperti itu memperlihatkan aurat wanita. Dengan jilbab yang tinggi mengindikasikan bahwa rambut wanita itu panjang. Dengan demikian aurat dari rambut wanita akan mudah diketahui.

[Image: seri-2.jpg]
[Image: ciput-arab-sanggul-besar-coklat-hijau.jpg]
[Image: Ciput-Maroko-Cepol-Modis-Tampak-Belakang.jpg]
[Image: Cover.jpg]

[Image: 247374-10150210012273962-755348961-71687...amp;nmid=0]

Hadist Tentang Haramnya Wanita Menggunakan Cepol Atau

Nabi Shalallahu 'alaihi wassalam dalam sabdanya :

"Akan ada di akhir umatku kaum lelaki yang menunggang pelana seperti layaknya kaum lelaki, mereka turun di depan pintu-pintu masjid, wanita-wanita mereka berpakaian (tetapi) telanjang, di atas kepala mereka (terdapat sesuatu) seperti punuk onta yang lemah gemulai. Laknatlah mereka!, sesungguhnya mereka adalah wanita-wanita terlaknat." (Diriwayatkan oleh Imam Ahmad (2/233))
.

Dalam hadits tadi Rosulullah Sholallahu 'alaihi wassalam memerintahkan setiap muslim, agar melaknat tipe wanita seperti yang telah disebutkan. Yaitu mereka yang mengenakan pakain di tubuh mereka, tapi tidak sampai menutup auratnya, sehingga seakan-akan mereka telanjang.

dan Nabi Sholallahu 'alaihi wassalam bersabda :

"Dua kelompok termasuk penghuni Neraka, aku (sendiri) belum pernah melihat mereka, yaitu orang-orang yang membawa cemeti seperti ekor sapi, dengannya mereka mencambuki manusia dan para wanita yang berpakaian (tetapi) telanjang, bergoyang-goyang dan berlenggak-lenggok, kepala mereka (ada sesuatu) seperti punuk onta yang bergoyang-goyang. Mereka tentu tidak akan masuk Surga, bahkan tidak akan mendapatkan baunya. Dan sesungguhnya bau Surga itu tercium dari perjalanan sekian dan sekian. (Hadits riwayat Muslim, hadits nomor : 2128)

Keterangan


Kebenaran sabda Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam ini dapat kita lihat dari realitas masyarakat hari ini. Ada golongan yang seenaknya memukul orang lain dengan cambuk tanpa ditanya, bertindak dengan hukum rimba.

Banyak perempuan yang berpakaian tetapi telanjang. Maksudnya, kalau dikatakan berpakaian pun bisa, karena masih ada secarik kain di atas badan, dan kalau kita katakan bertelanjang pun bisa juga, karena walaupun berpakaian tetapi hanya dengan secarik kain saja. maka samalah dengan bertelanjang. Ataupun dia berpakaian dengan pakaian yang sangat tipis sehingga memperlihatkan warna kulit dan menampakkan bentuk aurat. Kemudian berjalan sambil mengayun-ayunkan badan dengan sanggul yang besar, seperti bonggol unta.

Kedua-dua golongan ini tidak akan masuk surga dan tidak akan dapat mencium bau harumnya, walaupun semerbak harumnya telah tercium darijarak perjalanan selama 500 tahun sebelum sampai kepadanya.

Dan untuk wanita yg mengikat rambutnya menyerupai cepol, hukumnya sama, kecuali ikatannya tidak diatas, melainkan dibawah..karna kalau diatas itu serupa dengan punuk unta (seperti penjelasan hadits diatas)..Wallahu a'lam



http://aini79.blogspot.com/2011/04/hadis...eraka.html



UNTUK MENJADI BAGIAN DARI KELUARGA BESAR EOC
SILAHKAN REGISTER
DISINI
SEMOGA SEMAKIN BANYAK SENYUM DARI ANDA DGN BERGABUNG DI EOCOMMUNITY.COM
..

08-31-2012 12:12 AM
Find all posts by this user Quote this message in a reply

Gogol_HT Offline
๑۩۩»»ÉÖÇ««۩۩๑
*

Posts: 14,297
Joined: Oct 2010
Reputation: 4895
  




 
Post: #2
RE: Contoh contoh kerudung Cepol dan hadist yang mengharamkanya
[Image: 59583_137221252989439_100001046941568_20...75x300.jpg]
Sedangkan mereka membolehkan sanggul tinggi menyatakan bahwa hal itu wajar, karena wanita berambut panjang harus menggelung rambutnya jika memakai jilbab, bersanggul tinggi tidak melebih-lebihkan dalam penampilan. Yang penting auratnya ditutup karena Allah mewajibkan wanita menutup aurat untuk menjaga kecantikannya.

Masalah syariat dalam islam memang gampang-gampang susah untuk diterapkan. Seiring perkembangan jaman selalu muncul keadaan yang membuat kita harus berfikir kembali pada agama. Apakah agama kita membolehkan? Bagi kalian yang berjilbab silakan mencari info lagi yang banyak tentang hukum ini. Kalau saya sendiri tidak terlalu mempermasalahkan karena menyanggul rambut yang panjang digunakan untuk memakai kerudung adalah wajar. Asal sanggulnya juga tidak terlalu tinggi sehingga tidak nampak berlebihan.


pendapat lainya

dari Anna
asalah sanggul rambut tinggi seperti bonggol unta ini mestilah dilihat dari tujuannya. Kenapa disanggulkan rambut tersebut? Adakah ia untuk diperlihatkan kepada orang ramai? Adakah untuk menjadikan dirinya cantik? Atau sebagainya. Menurut saya, kalau sanggul tersebut dibuat adalah untuk kecantikkan dan diperlihatkan oleh orang yang bukan mahram, maka ia haram kerana ia menimbulkan fitnah dan menarik perhatian lelaki yang bukan mahram. Ini jelas bahawa wanita Islam hanya boleh menghiaskan dirinya untuk suaminya sahaja dan tidak boleh untuk orang lain. Malangnya wanita Islam sekarang ini tidak tahu maksud perhiasan yang dibenarkan dalam Islam. Ada wanita yang memakai pakaian biasa di rumah dan hadapan suaminya dengan alasan tidak bergaya disebabkan duduk di rumah sahaja, senang nak buat kerja rumah dan sebagainya. Tetapi apabila wanita tersebut keluar rumah dengan pakaian serba cantik dan memakai minyak wanginya hampir sebatu bauannya sehingga menarik perhatian orang lain. Inilah yang dikatakan HARAM walaupun niatnya betul dan berpakaian kemas dan cantik.


dari adista
assalamualaikum
kan kadang , rambutnya perempuan itu kan panjang,
saya juga hampir setiap hari memakai kerudung dengan kondisi rambut dibuat bersanggul.
ini bertujuan supaya ketika saat hijab saya terkena angin rambut saya yang panjang tidak kelihatan, kalau dimasukkan kedalam baju, itu sangat tidak nyaman dan nanti dibagian belakang baju terlihat gundukan rambut karena rambut saya, gimana itu??
mungkin , menurut pertimbangan hemat saya, saya kira seh boleh ya, tapi ndak tau sihh?? soalnya ini hal yang bukan hanya diputuskan oleh saya..
terus mungkin yang perlu kita lebih sorotkan lagi adalah penggunaan daleman kerudung bersanggul, yang palsu.
coba anda bisa tambahkan hadist(yang shohih) lagi yang lebih banyak supaya dapat memperkuat saya untuk mengambil tindakan…
terimakasih Smile
wassalamualaikum

sumber: jelajahbudaya.com/perempuan/kerudung-dengan-sanggul-tinggi-bolehkah.html



UNTUK MENJADI BAGIAN DARI KELUARGA BESAR EOC
SILAHKAN REGISTER
DISINI
SEMOGA SEMAKIN BANYAK SENYUM DARI ANDA DGN BERGABUNG DI EOCOMMUNITY.COM
..

08-31-2012 12:23 AM
Find all posts by this user Quote this message in a reply

Post Reply 


Possibly Related Threads...
Thread: Author Replies: Views: Last Post
  Dalam Hadist Nabi Muhammad SAW Tentang Lalat, Terungkap Fakta Ilmiah Taff 4 2,221 06-13-2013 02:11 PM
Last Post: ipatftmah
  Kumpulam Hadist - Hadist Puasa Ramadhan Gogol_HT 2 3,300 08-05-2011 12:14 PM
Last Post: jamal
  Jilbab dan Kerudung Aura.rahma 5 1,341 06-11-2011 09:33 PM
Last Post: fanie