EO Community : Komunitas Event Organizer Indonesia | Meet, Share & Discuss |


Post Reply 
 
Thread Rating:
  • 0 Votes - 0 Average
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
 
Benarkah Kuning Telur itu Berbahaya?
 
Share to: Facebook Twitter StumbleUpon Send
 to Google Buzz Send to LinkedIn
Author Message
Gogol_HT Offline
๑۩۩»»ÉÖÇ««۩۩๑
*

Posts: 14,298
Joined: Oct 2010
Reputation: 4895
  




 
Post: #1
Benarkah Kuning Telur itu Berbahaya?
[Image: telur.jpg]

Benarkah anggapan bahwa kuning telur berbahaya bagi kesehatan karena mengandung kolesterol tinggi? Jika anda setuju, maka anda telah keliru. Banyak orang yang mendapatkan informasi yang salah tentang telur belakangan ini, bisa di lihat DISINI dan menganggap bahwa kuning telur tidak baik bagi tubuh. Padahal, justru KUNING TELUR ADALAH BAGIAN TELUR YANG TERBAIK BAGI KESEHATAN TUBUH.

Jika kita membuang kuning telur, berarti kita membuang bagian telur yang paling padat nutrisi, zat-zat antioksidan, vitamin dan mineral lainnya. Kuning telur mengandung begitu banyak vitamin-vitamin B, mineral, vitamin A, folate, choline, lutein, dan nutrisi-nutrisi yang penting bagi tubuh.

Pada kenyataannya putih telurlah yang hampir tidak mengandung nutrisi sama sekali jika dibandingkan kuning telur. Protein dalam putih telur bahkan masih belum cukup kuat tanpa kuning telur untuk menyeimbangkan asam amino dan menyediakan protein secara biologis.

Sebaliknya, kuning telur mengandung asam lemak Omega-3 yang sangat baik bagi tubuh. Kuning telur mengandung lebih dari 90% kalsium, zat besi, fosfor, zinc, thiamin, B6, folate, and B12, dan asam panthothenic. Disamping itu, kuning telur mengandung vitamin A, D, E, dan K yang bisa larut dalam lemak, serta asam-asam lemak yang sangat penting lainnya.

Banyak orang yang belum tahu bahwa kuning telur adalah bagian telur yang paling bernutrisi. Bahkan ada anggapan salah bahwa "Telur akan meningkatkan kolesterol."

Pada kenyataannya, jika kita mengkonsumsi makanan yang tinggi kadar kolesterolnya seperti telur, tubuh kita akan menurunkan produksi kolesterol agar tetap seimbang. Sebaliknya, jika makanan kita tidak mengandung cukup kolesterol, maka tubuh akan memproduksi lebih banyak kolesterol karena kolesterol memiliki banyak fungsi penting di dalam tubuh.

Yang menarik, telah banyak study yang menunjukkan bahwa mengkonsumsi semua bagian telur dapat meningkatkan kolesterol HDL (High-density Lipoprotein) yang merupakan kolesterol yang baik sehingga lebih tinggi daripada kolesterol LDL (Low-density Lipoprotein). Hal ini dapat memperbaiki rasio kolesterol secara keseluruhan serta kualitas darah.

Sebenarnya, kadar kolesterol yang tinggi bukanlah penyakit. Penyakit jantunglah yang sebenarnya merupakan penyakit, bukan kolesterol tinggi. Justru kolesterol merupakan substansi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh dan memiliki fungsi yang sangat penting. Salah jika kita berusaha "menurunkan kadar kolesterol" hanya karena terbujuk oleh propaganda perusahaan-perusahaan farmasi bahwa semua orang harus mengkonsumsi obat-obatan penurun kolesterol.

Kuning telur sebenarnya mengandung beberapa antioksidan termasuk lutein antioksidan yang melindungi tubuh dari peradangan yang merupakan penyebab sebenarnya dari serangan jantung. Karena itulah kuning telur sangat berguna bagi tubuh.

Sebuah study yang dilakukan oleh University of Connecticut menunjukkan bahwa sekelompok orang yang mengkonsumsi 3 butir telur setiap hari selama 12 minggu dengan menu makan rendah karbohidrat dan tinggi lemaknya mengalami kenaikan kolesterol HDL (kolesterol yang baik bagi tubuh) sebesar 20%, sedangkan kolesterol LDL yang buruk tetap tidak mengalami peningkatan. Sebaliknya, kelompok yang mengkonsumsi putih telur saja tidak mengalami peningkatan kadar kolesterol HDL yang baik bagi tubuh. Kita harus tahu bahwa semakin tinggi tingkat kolesterol HDL, maka semakin rendah resiko serangan jantung.

Dari fakta-fakta di atas, kita bisa menyimpulkan bahwa kuning telur sangat jauh lebih baik bagi tubuh daripada putih telur.

Tapi bagaimana dengan kandungan kalori yang tinggi dalam kuning telur?

Meskipun kuning telur mengandung lebih banyak kalori daripada putih telur, kuning telur memiliki kepadatan nutrisi kalori yang sangat tinggi, yang meningkatkan kepadatan nutrisi secara keseluruhan per kalori yang kita konsumsi. Hal ini membantu menekan kebutuhan kalori kita dalam sehari. Di samping itu, lemak-lemak penting dalam kuning telur dapat membantu menjaga kandungan hormon pembakar lemak dalam tubuh. Ini berarti bahwa kandungan lemak yang baik bagi tubuh serta kalori dalam kuning telur sangat padat nutrisi dan dapat membantu membakar lemak tubuh.

Namun, kita harus tahu bahwa kualitas telur-telur yang berasal dari industri peternakan tidak dapat menyamai telur yang berasal dari ayam-ayam sehat yang hidup secara bebas dan mendapat makanan alami. Telur peternakan umumnya memiliki kadar nutrisi rendah, dengan kandungan omega-6 yang tinggi dan omega-3 yang rendah. Sebaliknya, telur dari ayam yang hidup bebas dengan makanan alami memiliki kandungan vitamin dan mineral yang jauh lebih tinggi serta rasio asam lemak omega-6 dan omega-3 yang seimbang dan sehat.

Kuning telur ayam peternakan biasanya berwarna kuning pucat dan kulit telurnya tipis dan rapuh. Sedangkan telur-telur ayam kampung memiliki kulit yang tebal dan kuat serta kuning telur yang berwarna orange gelap yang menunjukkan kandungan nutrisi dan karoten yang lebih tinggi.

Hal ini disebabkan oleh sehatnya menu makan ayam kampung yang bebas berkeliaran, yang memakan berbagai macam biji-bijian, serangga, cacing, dan lain-lain. Dengan begitu nutrisi yang terserap oleh ayam kampung lebih tinggi daripada yang didapat oleh ayam peternakan yang dikurung dan hanya makan suatu jenis makanan tertentu saja.

So ... jangan buang kuning telur anda.

Sumber: http://www.truthaboutabs.com/whole-eggs-...hites.html



UNTUK MENJADI BAGIAN DARI KELUARGA BESAR EOC
SILAHKAN REGISTER
DISINI
SEMOGA SEMAKIN BANYAK SENYUM DARI ANDA DGN BERGABUNG DI EOCOMMUNITY.COM
..

12-09-2012 01:38 AM
Find all posts by this user Quote this message in a reply

obattradisional Offline
Sobat Baru

Posts: 46
Joined: Jan 2013
Reputation: 2
  




 
Post: #2
RE: Benarkah Kuning Telur itu Berbahaya?
baru tau gan ternyata kuning telur itu lebih besar vitaminya dibandingkan dengan putih telurnya Smile




01-17-2013 10:40 AM
Find all posts by this user Quote this message in a reply

Post Reply 


Possibly Related Threads...
Thread: Author Replies: Views: Last Post
  5 Jenis Telur Pengganti Telur Ayam LindaCarling 0 677 07-02-2012 07:51 PM
Last Post: LindaCarling
  Langsing dan Sehat Berkat Makanan Kuning lostbuthfly 0 1,141 11-12-2011 11:32 AM
Last Post: lostbuthfly
  5 Hal yang Bikin Gigi Menjadi Kuning eocfans 3 2,157 09-13-2011 03:57 PM
Last Post: black_roses
  Penyebab Gigi Kuning Aura.rahma 4 1,359 06-09-2011 03:02 PM
Last Post: Aura.rahma