EO Community : Komunitas Event Organizer Indonesia | Meet, Share & Discuss |



Post Reply 
 
Thread Rating:
  • 0 Votes - 0 Average
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
 
Asal Kata Kartun
 
Share to: Facebook Twitter StumbleUpon Send
 to Google Buzz Send to LinkedIn
Author Message
Gogol_HT Offline
๑۩۩»»ÉÖÇ««۩۩๑
*

Posts: 14,335
Joined: Oct 2010
Reputation: 4899
  

 
Post: #1
Asal Kata Kartun
[Image: Tom-Jerry-tv-01.jpg]

Tahukah kamu jika kata kartun berasal dari kata cartoon, cartoon sendiri berasal dari kata cartone.Arti dari cartone sendiri adalah kertas tebal sebelum dikenal seperti gambar animasi kayak sekarang.
Kata “kartun” sebenarnya berasal dari bahasa Italia, cartone yang berarti kertas. Pada masa itu para seniman negara ini memang getol membuat sketsa untuk gambar gedung, permadani, atau gambar mozaik pada kaca.

Para kartunis umumnya menggambar lima hal: editorial, politik, komik, majalah, ilustrasi, dan animasi. Banyak kartunis editorial menggunakan bentuk karikatur untuk menampilkan kelucuan orang-orang terkenal.
[Image: kartun.jpeg]

Komik atau bentuk kartun lainnya, kebanyakan merupakan kombinasi antara kata dan gambar, tetapi banyak juga yang hanya menggunakan gambar. Penonjolan bagian tertentu biasa dibikin untuk menguatkan karakter gambar. Kepala yang sebenarnya cuma seperdelapan badan, dalam kartun bisa muncul menjadi sepertiga atau setengahnya. Dengan memperbesar ukuran badan seperti kepala, kartunis leluasa memasukkan ekspresi wajah. Senyuman, ejekan, atau kerdipan kelopak mata menjadi lebih berarti, tulis Encyclopedia Americana, 1976.

Jauh ke masa silam, gambar karikatur sudah ditemukan di dinding-dinding dan jambangan bunga pada zaman Mesir kuno dan Yunani kuno. Bahkan seniman Prancis, Honore Daumier (1830 - 1870), dari zaman pertengahan, dikenal sebagai bapak kartun modern. Ia mengkarikaturkan para pemimpin Prancis untuk koran dan majalah di negaranya. Daumier bahkan sempat dijebloskan ke hotel prodeo tahun 1832 gara-gara mengkarikaturkan Raja Louis Philippe.

Salah satu kartunis koran politik terkemuka dari tahun 1900 adalah Sir David Low asal Selandia Baru. Memulai kariernya pada 1914 dan pindah ke London pada 1919. Ia memunculkan karakter pada diri “Colonel Blimp” sosok militer tua yang reaksioner.

Sementara pada kurun waktu 1930 - 1940, buku-buku komik sangat populer. Begitu pula sesudah PD II (1935 - 1945) komik-komik humor kembali populer.

Di Indonesia, menurut buku Komik Indonesia karangan Marcel Bonneff, Komik Timur muncul berkat surat kabar besar Sin Po. Tahun 1930, surat kabar itu setiap minggu memuat komik strip yang menceritakan berbagai petualangan tokoh jenaka, karya komikus muda Kho Wang Gie.

Awal 1931, tokoh gendut Put On untuk pertama kalinya muncul, dan segera akrab dengan pembaca. Put On digambarkan sebagai si gendut yang baik hati, tetapi bodoh, yang sok pintar namun selalu gagal.

Kemunculan kartun di harian atau mingguan tentu tak terbayangkan pada masa dulu. Pada masa awal perkembangannya, kartunis koran atau majalah harus langsung menggambar di atas blok kotak kayu (bisa dipakai berulang-ulang untuk membikin kopi). Setelah gambarnya pasti, bisa dengan pensil atau pena, pengukir lantas mengukirnya sesuai garis coretan. Proses ini membutuhkan waktu paling tidak 24 jam.

Sejalan dengan berkembangnya proses cetak dan separasi warna, kini para kartunis sebenarnya punya peluang mengeksplorasi gambar yang lebih “berwarna”. Tetapi rupanya mereka percaya nuansa hitam putih masih jauh lebih menggelitik. Anda percaya?


12-15-2010 10:27 AM
Find all posts by this user Quote this message in a reply

Post Reply 


Possibly Related Threads...
Thread: Author Replies: Views: Last Post
Tongue ASAL MUASAL KATA-KATA GAUL adihartono 9 11,235 12-28-2013 05:18 PM
Last Post: erwan_hide
  Sobat EOC Ga Akan Sadar Kalau Ternyata Kata-Kata Ini Bukan Bahasa Indonesia agusdoank 17 10,617 07-04-2013 08:55 AM
Last Post: air0
  Asal Mula Kata "SPAM" Aura.rahma 3 1,701 06-07-2013 02:31 PM
Last Post: ipatftmah
Lightbulb Arti dan Asal Kata "Kepo" SandiFernando 3 1,403 01-10-2013 12:31 AM
Last Post: black_roses