EO Community : Komunitas Event Organizer Indonesia | Meet, Share & Discuss |



Post Reply 
 
Thread Rating:
  • 1 Votes - 2 Average
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
 
Anak Sekolah di Solo Wajib Nonton Wayang
 
Share to: Facebook Twitter StumbleUpon Send
 to Google Buzz Send to LinkedIn
Author Message
Aura.rahma Offline
Ruang Bunda
*

Posts: 3,360
Joined: Oct 2010
Reputation: 990
  

 
Post: #1
Anak Sekolah di Solo Wajib Nonton Wayang
[Image: 2231234620X310.jpg]

SOLO, KOMPAS.com — Anak sekolah mulai tingkat sekolah dasar sampai sekolah menengah atas di Solo diwajibkan menyaksikan pertunjukan wayang orang setiap Sabtu secara bergiliran di Gedung Wayang Orang Sriwedari dan berkunjung ke Museum Radya Pustaka.

"Untuk pelaksanaan ini kami telah bekerja sama dengan Dinas Pendidikan dan Olahraga setempat sebagai upaya menanamkan rasa cinta budaya dan Tanah Air kepada generasi muda dan untuk menyaksikan ini juga gratis," kata Kepala Dinas Pariwisata Seni Dan Budaya Kota Surakarta Purnomo Subagio di Solo, Kamis (16/12/2010).

Dia berharap melalui kegiatan ini, generasi muda akan tertarik mengenai hasil karya budaya bangsanya sendiri karena jika dikemas dengan baik, ternyata tidak kalah dengan budaya asing yang masuk ke Indonesia.

Para pelajar nantinya yang melihat koleksi di Museum Radya Pustaka akan mengerti dan mengenali peninggalan barang-barang bersejarah yang dihasilkan oleh bangsanya sendiri.

Sementara itu, untuk menyaksikan pertunjukan wayang orang di Gedung Wayang Orang Sriwedari, para pelajar tidak hanya bisa melihat pertunjukan, tetapi juga bisa melihat proses ketika para penari itu memakai baju wayang.

Setelah menyaksikan pertunjukan wayang tersebut pada sesi goro-goro, para pelajar bahkan bisa berinteraksi ke atas panggung ikut bergabung dalam acara tersebut.

"Kami juga berharap kepada para pelajar setelah menyaksikan pertunjukan wayang tersebut bisa membuat karya tulis sehingga apa yang dilihat itu menjadi pengalaman tersendiri," katanya.

"Untuk menyaksikan pertunjukan wayang orang secara gratis itu akan dimulai pada Sabtu (18/12/2010) dan yang mendapat giliran pertama yaitu SD Cemara Negeri 2 Solo karena Gedung Wayang Orang Sriwedari hanya mempunyai kapasitas 800 penonton," ujarnya


12-17-2010 02:01 PM
Find all posts by this user Quote this message in a reply

Post Reply 


Possibly Related Threads...
Thread: Author Replies: Views: Last Post
  Sekilas Tentang Wayang Surakarta Jemblung_Sweetenan 0 1,889 10-12-2011 01:29 PM
Last Post: Jemblung_Sweetenan