EO Community : Komunitas Event Organizer Indonesia | Meet, Share & Discuss |



Post Reply 
 
Thread Rating:
  • 1 Votes - 4 Average
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
 
Alasan Ir Soekarno Memilih Tanggal 17 Agustus 1945 sebagai Hari Kemerdekaan RI
 
Share to: Facebook Twitter StumbleUpon Send
 to Google Buzz Send to LinkedIn
Author Message
nazz_sang_pemimpi Offline
๑۩۩»»ÉÖcer's««۩۩๑
EOcer's

Posts: 894
Joined: Apr 2012
Reputation: 74
  

 
Post: #1
Alasan Ir Soekarno Memilih Tanggal 17 Agustus 1945 sebagai Hari Kemerdekaan RI
Inilah Alasan Ir Soekarno Memilih Tanggal 17 Agustus 1945 Sebagai Hari Kemerdekaan RI


Di dalam buku Samudera Merah Putih pada tanggal 19 September 1945 tepatnya jilid satu yang dibuat oleh Lasmidjah Hardi Alasan Ir Soekarno Memilih tanggal 17 Agustus 1945 sebagai hari kemerdekaan RI tersebut disampaikan kepada para pemuda pada saat dirinya sedang diculik ke Rengasdengklok, Karawang. Dan penculikan tersebut dimaksudkan agar tokoh proklamator segera memproklamasikan kemerdekaan Indonesia tanpa adaya embel-embel Jepang yang mana sebelumnya sudah menjanjikan kemerdekaan bagi negara Indonesia. 

Soekarno lantas berbicara dan memiliki rencana seluruh program proklamasi kemerdekaan Indonesia tersebut dijalankan pada tanggal 17 dan Sukarni yang merupakan salah satu anggota dari pemuda saat itu menanyakan mengapa harus tanggal 17 tidak secepatnya pada tanggal 16. Dan karena pertanyaan dari Sukarni tersebut, lantas Soekarno menjawab bahwa di tanggal 17 tersebut adalah hari yang baik dan juga memang tidak bisa diterangkan secara jelas karena hal tersebut hanyalah dirasakan baik dari dalam kalbu karena Soekarno mempercayai suatu hal yang mistik sehingga tidak dapat dijelaskan dengan akal. 

Yang unik dari pernyataan Soekarno sendiri angka 17 merupakan angka yang suci karena tanggal 17 merupakan tanggal di mana Al Quran diturunkan, selain itu juga orang islam sendiri sembahyang sebanyak 17 rakaat. Dan yang menjadi hal yang memang entah kebetulan atau apa, pada tanggal 17 Agustus 1945 tersebut merupakan bulan suci Ramadhan dan juga jatuh pada hari jumat yang mana hari jumat sendiri diyakini menjadi hari baik, berbahagia dan juga suci sehingga diambilah tanggal 17 Agustus 1945 sebagai hari kemerdekaan Indonesia. 

Dan hal tersebut ditulis di dalam buku karya Lasmidjah Hardi sehingga alasan mistis Soekarno pilih 17 Agustus 1945 sebagai hari kemerdekaan Indonesia dapat terungkap.

Setelah itu pada sore hari, Soekarno dan juga bung Hatta dijemput menuju Jakarta kembali setelah mencapai kesepakatan di antara golongan muda dan juga tua. Pada saat itu, satu-satunya orang perwakilan dari golongan tua yaitu Ahmad Soebardjo memberikan jaminan proklamasi kemerdekaan Indonesia akan dilaksanakan pada tanggal 17 Agustus 1945 dan selambat-lambatnya pada pukul 12.00. 

Dan setelah Soekarno dan juga Bung Hatta sudah kembali ke Jakarta, dan juga setelah melewati serangkaian proses serta peristiwa, proklamasi kemerdekaan Indonesia pada akhirnya dikumandangkan oleh Soekarno pada pukul 10.00 WIB di rumahnya yang terletak di jalan Pegangsaan Timur nomor 56, Jakarta. 

Jadi itulah alasan mistis Soekarno pilih 17 Agustus 1945 sebagai hari kemerdekaan Indonesia. Oleh sebab itu sebagai warga Indonesia sekarang ini, terlebih para pemuda Indonesia tentu saja sangat perlu untuk melanjutkan perjuangan dari para pahlawan terdahulu untuk bisa mencegah adanya penjajahan kembali oleh negara lain, sehingga dengan demikian tentu saja nantinya Indonesia bisa menjadi negara yang maju dan berkembang sama seperti negara-negara yang lainnya.

Untuk melanjutkan perjuangan para pahlawan tersebut, kita sebagai generasi muda bangsa sudah seharusnya menjaga harkat dan martabat bangsa dan menjaga negara kesatuan negara republik indonesia ini. Tidak harus dengan angkat senjata saja, banyak cara yang bisa dilakukan oleh para pemuda-pemudi generasi bangsa untuk meneruskan perjuangan para pahlawan. Salah satunya bisa dengan mengukir prestasi dimata dunia baik melalui prestasi akademik atau olahraga seperti yang dilakukan para atlit kita yang sekarang sedang bertanding di olimpiade rio de jenero brazil saat ini. Dan yang lebih simple cukup dengan kita belajar yang rajin bagi para pelajar dan menghormati bangsa dan negara kita ini.

Sumber :


08-18-2016 10:10 PM
Visit this user's website Find all posts by this user Quote this message in a reply

Post Reply 


Possibly Related Threads...
Thread: Author Replies: Views: Last Post
  Penampakan Di Hari Kemerdekaan.. Sherlock_Holmes 5 3,342 09-05-2011 01:54 PM
Last Post: Sherlock_Holmes
  Misteri Lukisan Ir. Soekarno dedesander 3 1,829 05-29-2011 12:18 PM
Last Post: delvis66